Agar Bermanfaat dan Tak Membahayakan, Begini Syarat Jadi Pilot Drone

0

Teknologi merubah segalanya. Tak terkecuali dengan Kendaraan Udara Tak Berawak (UAV) atau Remotely Piloted Aerial Systems (RPAs) atau biasa juga disebut drone. Bila semua videografer dan fotografer hanya membuat video dan foto via kamera DSLR, Go Pro, mirrorless, kini mereka juga dituntut untuk dapat melakukannya dengan drone sebagai keahlian tambahan.

Baca juga: Airbus dan M1 Singapura Uji Coba Jaringan 5G untuk Drone

Selain itu, dari sisi bisnis, drone juga mulai digunakan di berbagai sektor, mulai dari memetakan jalan, mengantar paket dan manusia, membuat seni UAV atau hiasan di langit, mencari orang hilang di lokasi terpencil atau lokasi bencana, dan segudang kegunaan lainnya.

Namun, sebelum sampai pada level itu, seseorang terlebih dahulu harus mengetahui syarat dan cara menerbangkan drone agar lebih aman dan bermanfaat. Menerbangkan drone mungkin jadi suatu hal mudah tetapi menerbangkannya dengan aman tentu tak semudah membalikkan telapak tangan.

Dilansir dari digit.in, untuk menjadi pilot drone, setidaknya butuh keterampilan, kualifikasi, dan pendidikan (dasar) demi tercapainya tujuan keamanan. Syarat menjadi pilot drone sendiri berbeda-beda di setiap negara.

Di Indonesia, menurut Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan setidaknya ada lima syarat menjadi pilot drone, mulai dari berusia minimal 17 tahun, WNI, mampu membaca, menulis, berbicara serta memahami Bahasa Inggris, sehat jasmani dan rohani, serta menguasai teori menerbangkan drone pilot. Setidaknya, lima itulah syarat awal untuk mengikuti sertifikasi kementerian perhubungan.

Di luar itu, syarat tak resmi menjadi pilot drone ada beberapa tambahan lainnya, seperti mampu mengoperasikan drone dengan baik sesuai SOP, menguasai cara menggunakan aplikasi software untuk pengoperasian drone, memiliki minimal tujuh jam terbang menerbangkan drone, memiliki Sertifikat Drone, serta mengetahui peraturan pemerintah dalam menerbangkan drone.

Di beberapa negara, bahkan, standarisasi untuk menjadi pilot drone cukup ketat, seperti harus mampu menilai kondisi cuaca, kecepatan angin, dan hal-hal berbau mekanik lainnya. Tak hanya itu, pengetahuan tentang aerodinamika, kecakapan berkomunikasi dengan standar basic radio telephony serta manajemen perencanaan penerbangan bahkan juga harus dipahami sebagai syarat tak resmi menjadi pilot drone.

Terkait syarat tak resmi menjadi pilot drone, khususnya pada poin mengetahui peraturan pemerintah dalam menerbangkan drone, Kementerian Perhubungan memang telah mengaturnya. Izin menerbangkan drone sudah tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan No. 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak.

Dalam UU No 1 Tahun 2009 terdapat larangan dan sanksi pidana yang melarang orang melakukan aktivitas lain yang mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan. Salah satu aktivitasnya adalah menerbangkan drone yang bisa terkena sanksi pidana penjara maksimal tiga tahun dan atau denda maksimal satu miliar.

Baca juga: Tiga Manfaat Drone di Bandara, Nomor Dua Taruhannya Nyawa

Di beberapa negara, bahkan, pasca mendapatkan sertifikat menjadi pilot drone, hal itu tak lantas membuat seseorang dapat menerbangkan drone. Drone terlebih dahulu harus didaftarkan menurut klasifikasi yang telah ditentukan, seperti drone nano (hingga 250 gram), drone mikro (250 gram – 2 kg), drone kecil (2 kg – 25 kg), drone menengah (25 kg – 150 kg) dan terakhir, drone besar (lebih dari 150 kg). Jadi, tak serta-merta membeli drone, ikut sertifikasi, dan menerbangkannya.

Agar mempermudah pemilik drone mengetahui tempat yang aman, pemerintah sudah membuat aplikasi OK Drone sebuah aplikasi pemetaan ruang udara untuk drone atau pesawat udara tanpa awak. Lewat aplikasi ini nantinya kita bisa tahu apakah lokasi boleh atau tidak sesuai peraturan pemerintah. Jadi bisa lebih aman dan tenang saat menerbangkan drone. Semoga aja aplikasinya bisa segera diunduh dan dipakai masyarakat umum.

Leave a Reply