Tiga Manfaat Drone di Bandara, Nomor Dua Taruhannya Nyawa

1
Ilustrasi bird strike. Foto: Istimewa

Di beberapa kondisi, drone mungkin menjadi sumber keluhan bagi industri penerbangan dan sudah banyak kasus yang memaksa tertundanya penerbangan karena mengancam keselamatan. Tetapi, bagaimana bila dengan penggunaan dan momentum yang tepat serta diikuti dengan komunikasi dengan otoritas bandar, apakah drone masih akan mengganggu?

Baca juga: Lima Kecelakaan Penerbangan Akibat ‘Bird Strike’ Terburuk di Dunia

Seperti dilansir airport-technology.com, Jumat, (28/2), rupanya drone tak selamanya mengganggu industri penerbangan. Justru sebaliknya, adanya drone dapat membantu penerbangan, khususnya dari ancaman bird strike. Terlebih, menurut International Civil Aviation Organization (ICAO) atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, serangan burung atau bird strike yang sangat mengancam keamanan penerbangan, 90persen di antaranya terjadi saat lepas landas dan mendarat.

Selain dapat menangkal kawanan burung di sekitaran bandara, drone juga sangat bermanfaat untuk melakukan beberapa pekerjaan yang erat kaitannya dengan kebandarudaraan, seperti inspeksi bandara dan aktivitas pengiriman barang atau biasa juga disebut drone deliveries atau drone kargo. Untuk lebih lengkapnya, berikut tiga manfaat drone di bandara.

1. Inspeksi bandara
Salah satu cara drone dapat mendukung operasi bandara dan mengurangi biaya adalah dengan melakukan kegiatan perawatan dan inspeksi di bandara. Inspeksi Path Approach Path Indicator (PAPI), misalnya, secara tradisional biasa dilakukan oleh pesawat inspeksi penerbangan, namun kini, drone dapat menggantikan peran tersebut untuk memeriksa unit PAPI mematuhi peraturan atau tidak, termasuk sudut transisi, simetri, dan horizontal, seperti yang diatur oleh ICAO.

Canard, sebuah perusahaan Inggris dan Spanyol, saat ini tengah melakukan inspeksi PAPI di berbagai bandara. Bahkan, lima di antaranya telah diinspeksi berkat bantuan drone, seperti bandara Paris-Orly Airport di Paris, Milano Linate Airport di Italia, Bandara Internasional Jenewa, dan Bandara Internasional Edmonton (EIA) atau bandara pertama yang diinspeksi dengan bantuan drone.

2. Menangkal bird strike
Burung, sekalipun hanya seberat sekitar 2 kg, faktanya dapat membuat burung besi seberat 40.000 kg tak berkutik. Oleh karenanya, seiring berjalannya waktu, segala macam cara terus dicoba untuk menghindari insiden bird strike berulang dan terus berulang. Salah satunya di, Bandara Internasional Edmonton, Kanada.

Tahun 2017 lalu, bandara tersebut resmi menghadirkan sebuah robot yang diprogram khusus untuk mengusir kawanan burung liar yang berada di sekitaran landas pacu bandara. Drone tersebut dikendalikan dari jarak jauh dan berhubungan langsung dengan otoritas bandara untuk memaksimalkan fungsinya. Teknologi ini pun didaulat menjadi pionir karena belum ada yang menggunakan The Robird, nama dari robot drone pengusir burung tersebut, dalam usaha meminimalisir angka kecelakaan di sekitaran landas pacu.

Dari segi desain, The Robird Drone ini menyerupai Elang Peregrine, yang dimaksudkan untuk menakut-nakuti burung dalam jumlahbesar, seperti burung camar dan angsa. Bahkan, selain menakut-nakuti burung, The Robird Drone juga dapat ‘memaksa’ kawanan domba untuk menjauh dari bandara.

Baca juga: Viral! Akibat Virus Corona, Sebuah Drone ‘Tegur’ Nenek dan Kakek Tua

3. Drone kargo
Pasar drone komersial global diperkirakan akan tumbuh sebesar 26% setiap tahun dari 2016 untuk mencapai nilai $ 10.738 juta pada tahun 2022. Selain itu, tren e-commerce yang terus meningkat juga mendorong penggunaan drone kargo lebih massif. Tren ini menurut ahli lebih didorong oleh perubahan pola belanja konsumen.

Sebuah survei oleh McKinsey menemukan bahwa 25% konsumen akan membayar harga premium untuk pengiriman cepat dan jumlah ini cenderung meningkat. McKinsey memperkirakan bahwa di masa depan kendaraan otonom, termasuk drone, akan berkontribusi hampir 100% dari X2C (business to consumer) dan 80% dari semua item (model bisnis).

1 COMMENT

  1. drone tak selamanya mengganggu industri penerbangan. Justru sebaliknya, adanya drone dapat membantu penerbangan, khususnya dari ancaman bird strike.
    drone juga sangat bermanfaat untuk melakukan beberapa pekerjaan yang erat kaitannya dengan kebandarudaraan, seperti inspeksi bandara dan aktivitas pengiriman barang atau biasa juga disebut drone deliveries atau drone kargo.

Leave a Reply