Air Koryo, Flag Carrier Korea Utara dengan Predikat Bintang 1 Versi Skytrax

0
Tupolev Tu-204-300 Air Kroyo

Jika Indonesia punya flag carrier Garuda Indonesia, Singapura punya Singapore Airlines, hingga Jerman dengan Lufthansa-nya, maka Korea Utara juga punya flag carrier yang bernama Air Koryo. Jika negaranya saja sudah menarik untuk dibahas, maka sudah barang tentu ada fakta unik yang terselip dari maskapai milik Pemerintah Korea Utara ini. Adapun pengoperasian dari Air Koryo ini meliputi Asia, Afrika, dan Eropa dan berpusat di Bandara Internasional Sunan, Pyongyang.

Baca Juga: Bukan Nama Anak Artis, Ini Dia Fakta Unik Seputar El Al Airlines

Penasaran kan dengan fakta-fakta unik dari Air Koryo? Berikut KabarPenumpang.com rangkum sejumlah fakta dari Air Koryo, dikutip dari berbagai laman sumber.

Maskapai Bintang 1
Sepanjang sejarah penerbangan, tidak ada maskapai yang pernah menerima bintang 1 dari Skytrax kecuali Air Koryo. Maskapai ini sudah mendapatkan penilaian buruk ini kurang lebih selama tujuh tahun berturut-turut dengan beberapa faktor yang melatarbelakanginya, seperti kondisi kabin yang sudah tua, hingga pengawasan awak kabin yang dinilai terlalu ketat.

Beragam cara coba dilakukan pihak maskapai untuk memperbaiki reputasi mereka yang kadung dipandang buruk oleh masyarakat – melayani lebih banyak makanan dan minuman di dalam kabin hingga mendatangkan armada baru.

Menggunakan Armada Asli Rusia
Jika dibeberkan, maka semua armada dari Air Koryo merupakan produksian Rusia. Mulai dari Antonov An-24R/RV, Antonov An-148-100B, Ilyushin Il-18D, Ilyushin Il-62M, Tupolev Tu-134B-3, Tupolev Tu-154B, Tupolev Tu-204-100B, hingga Tupolev Tu-204-300. Jadi, jangan harap Anda bisa menemukan armada Boeing atau Airbus di dalam tubuh maskapai berkode ICAO KOR ini ya!

Adapun alasan di balik semua ini adalah pihak Korea Utara yang terkena sanksi dari PBB, dan pada akhirnya sanksi tersebut juga berimbas pada Air Koryo.

Baca Juga: Inilah Fakta Ryanair, Maskapai Penerbangan Berbiaya Murah yang Penuh Kontroversi

Burger Misterius ala Air Koryo

Sumber: Los Angeles Times

Selain masalah pelayanan, makanan yang dihidangkan kepada penumpang juga memegang peranan penting dalam masalah penilaian maskapai. Nah, Air Koryo punya satu makanan khas, yang juga kadung dicap buruk oleh para pengguna layanannya, yaitu burger. Tidak seperti kebanyakan burger yang pernah Anda makan, burger di Air Koryo benar-benar tidak menggugah nafsu makan Anda. Bagaimana tidak, menurut laman gotravelyourway.com, daging burger ini keras, rotinya apek, dan dikombinasikan dengan beberapa potong selada serta kerju olahan. Apakah Anda ingin mencobanya?

 

Leave a Reply