AirAsia Food Siap Bersaing di Segmen Layanan Antar Makanan Online

0
CEO Grup AirAsia Tony Fernandesn jadi pengantar layanan makan AirAsia Food (rojakdaily.com)

Satu tahun sudah Covid-19 menjadi pandemi di dunia dan membuat industri penerbangan serta pariwisata masih belum bisa menarik banyak penumpang maupun pelancong untuk bepergian. Bahkan membuat beberapa maskapai di dunia berhenti operasi sementara. Namun meski begitu, demi membuat para pekerjanya kembali melakukan aktivitas, maskapai melakukan berbagai inovasi.

Baca juga: AirAsia Buka Restoran Darat di Mall Kuala Lumpur dengan Menu di Penerbangan

Salah satunya adalah maskapai berbiaya hemat milik Malaysia AirAsia yang kini merambah layanan pengantaran makanan. Maskapai ini menghadirkan produk barunya yakni AirAsia Food yang sudah diluncurkan pada awal Maret ini di Malaysia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tony Fernandes (@tonyfernandes)


Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, CEO AirAsia Tony Fernandes bahkan turun tangan sendiri dalam pengantaran makanan ke pelanggan. Sehingga bagi warga Malaysia yang beruntung dan menggunakan aplikasi tersebut bisa saja bertemu dengan sang CEO ini.

Dia juga mengunggah foto ketika mengantar makanan ke akun Instagram pribadinya dan beberapa pelanggan mengaku melihat sekilas Tony saat mengantar makanan pesanan mereka. Pada awal kehadirannya, ada program menarik dari AirAsia Food yakni menyediakan hadiah berupa makanan gratis selama sebulan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tak hanya di Malaysia, AirAsia Food pun membentangkan sayap layanan antar makanannya ke Singapura. Bahkan maskapai ini juga berencana hadir di Indonesia, Filipina serta Thailand sebelum akhir tahun 2021. Saat ini setelah merambah ke Singapura, layanan tersebut masih dalam tahap pengenalan.

Jika di Malaysia, AirAsia Food menawarkan pengiriman gratis dalam radius 15 km dari Klang Valley di Kuala Lumpur. Di Singapura, AirAsia Food menawarkan pengiriman gratis selama dua minggu untuk pesanan dalam jarak delapan kilometer. Peluncuran di Singapura dilakukan pada awal minggu ini dan AirAsia Food sudah bekerja sama dengan 24 gerai.

“AirAsia dalam hal ini harus bertarung dengan pemain-pemain mapan yang sudah ada sebelumnya. Sejauh ini, AirAsia Food sudah memiliki 500 pengendara dan 300 operator makanan lainnya sedang dalam proses untuk bergabung,” kata Lim Ben-Jie, kepala e-commerce untuk aplikasi AirAsia.

Baca juga: AirAsia Buka Restoran Darat di Mall Kuala Lumpur dengan Menu di Penerbangan

Pemesanan dapat dilakukan di situs web AirAsia Food atau melalui aplikasi supernya, di mana penerbangan juga dapat dipesan di sana. Ada tiga platform layanan pengiriman makanan utama di Singapura, yakni GrabFood, Foodpanda, dan Deliveroo. Mereka mengenakan tarif antara 25 dan 35 persen. Lim memperkirakan bahwa layanan AirAsia Food dapat menghasilkan rata-rata hingga SGD700 seminggu jika mereka mengirimkan sepuluh pesanan per hari selama enam hari seminggu.

LEAVE A REPLY