AirAsia Malaysia Terbang Perdana ke Silangit dari Kuala Lumpur Disambut Hujan

Pendaratan perdana AirAsia dari Kuala Lumpur ke Silangit (The Star)

Menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong dunia, Danau Toba yang berada di Sumatera Utara ini sudah bisa dissambangi dengan mudah. Dibukanya Bandara Silangit yang kini juga menjadi bandara internasional, pada 28 Oktober 2018 kemarin, baru saja didarati oleh pesawat AirAsia Malaysia.

Baca juga: Fotonya Viral di Facebook, Inilah Reaksi Pramugari Cantik AirAsia

Penerbangan perdana dari Bandara Internasional Kuala Lumpur ini tidak disambut dengan meriam air. Sebab saat itu Silangit tengah dilanda hujan sehingga meriam air alami yang didapat oleh AirAsia Malaysia tersebut.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman thestar.com.my (28/10/2018), pesawat AirAsia Malaysia dengan nomor penerbangan AK411 ini meninggalkan KLIA2 di Sepang dengan mengangkut 120 penumpang dan tiba di Bandara Internasional Silangit pukul 10.47 WIB. Penumpang saat tiba di ruang kedatangan bandara, disambut dengan ucapan selamat dan upacara sederhana di dalam ruangan.

AirAsia mengatakan, rute Malaysia-Silangit ini membuat pelancong bebas repot saat melakukan perjalanan mereka ke Danau Toba yang dihiasi pemandangan indah tersebut. CEO AirAsia Malaysia Riad Asmat mengatakan, Danau Toba salah satu dari sepuluh Bali Baru Indonesia. Sehingga dengan adanya penerbangan langsung ini, menjadi lebih mudah dan dekat.

“Rute baru adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam mengembangkan 10 prioritas tujuan wisata, termasuk Danau Toba. Kami memahami Indonesia jauh lebih dari sekadar Bali, dan kami berkomitmen untuk mempromosikan banyak harta tersembunyi di negara ini,” ujar Riad.

Dengan menyediakan konektivitas udara ke Danau Toba, Riad menambahkan AirAsia juga berharap dapat berkontribusi pada ekonomi lokal melalui pariwisata, penciptaan lapangan kerja dan peluang bagi UKM dan komunitas. Selain itu, pihaknya dengan tim Green and Sustainabilitynya juga tengah mengembangkan destinasi Community Based Tourism (CBT) di wilayah Silangit.

“Mereka bekerja sama dengan Otoritas Pariwisata Danau Toba untuk mengidentifikasi lokasi,” jelas Riad.

Baca juga: Gandeng Google Cloud, AirAsia Siap ‘Bertransformasi’

Saat ini penerbangan AirAsia ada empat kali dalam seminggu dari Kuala Lumpur ke Silangit dengan nomor penerbangan AK411 yakni setiap Senin, Rabu, Jumat dan Minggu pukul 10.40 pagi dan AK412 dari Silangit ke Kuala Lumpur pukul 11.25 WIB di hari yang sama. Seorang pelancong asal Kanada, Jodi Davis mengatakan, rute baru ini membuatnya lebih mudah dan menghemat waktu untuk melakukan perjalanan ke Danau Toba.

“Saya di sini awal tahun lalu dan saya harus naik bus domestik selama lima jam untuk tiba di sini setelah tiba di Bandara Kualanamu (di Medan). Dengan penerbangan lanjutan ini, saya pasti akan kembali untuk menjelajahi tempat indah ini lagi,” ujar Davis