AirAsia Tawarkan Rute Baru, Bali – Kolkata dengan Lama Penerbangan 7,5 Jam

0
AirAsia

Sebagai salah satu maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC), AirAsia kembali membuka rute penerbangan baru dari Indonesia menuju India, tepatnya dari Pulau Bali menuju Kolkata (d/h Kalkuta), salah satu kota besar di pesisir Barat India yang dikenal sebagai pusat industri tekstil dan goni. Rute ini diresmikan pada 4 Oktober 2017 kemarin.

Baca juga: Mudahkan Akses Penumpang, AirAsia India Jalin Kerjasama dengan Zoomcar

KabarPenumpang.com melansir dari laman airasia.com (2/10/2017), pengoperasian rute baru ini menyusul dari rute sebelumnya ke India tepatnya ke Mumbai dari Bali pada Mei 2017. Penerbangan rute baru ke Kalkota tak dilakukan setiap hari, namun baru sebanyak empat kali dalam seminggu.

Penerbangan perdana rute ini dari Bandara Internasional Netaji Subhas Chandra Bose di Kolkata dan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menggunakan pesawat Airbus A320-200 disambut dengan water canon. Tak hanya itu, para penumpang maskapai ini, juga disambut oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso, Staf Khusus Meneteri Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata Judi Rifajantoro, Pejabat Bandara Ngurah Rai dan CEO Grup AirAisa di Indonesia Dendy Kurniawan.

Sebenarnya walaupun baru diresmikan, penjualan tiket rute ini sudah dibuka sejak tanggal 17 Agustus lalu bersamaan dengan peringatan Kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Adanya layanan baru ini, membuat penerbangan dari Bali menuju Kolkata hanya ditempuh dengan waktu tujuh setengah jam dan ini sudah termasuk dengan transit sebentar di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Rute ini merupakan bagian dari ekspansi kami tahun ini yang merupakan rute internasional keempat dari Grup AirAsia di Indonesia, setelah Bali – Mumbai, Bali – Narita, dan Jakarta – Makau. Kami juga ingin sekali lagi menekankan bahwa ekspansi kami ini hanya dimungkinkan berkat kerja keras yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, sehingga saat ini kita berada dalam kategori 1 peringkat keselamatan FAA, oleh karena itu kami sangat menghargai hal tersebut,” ujar Dendy.

Baca juga: Mau Wisata Ke Makau? Kini AirAsia Tawarkan Penerbangan Langsung dari Jakarta

India diketahui memiliki persentase pertumbuhan tertinggi kedua bagi jumlah wisatawan ke Indonesia dengan 27 persen per tahun, tepat di belakang Cina dengan 45 persen per tahun. Sebagai bekas ibukota India, Kolkata memamerkan beragam situs sejarah, mulai dari bangunan peninggalan sejarah, tembok kolonial dan artefak yang berasal dari masa penjajahan Inggris. Pengunjung dapat mengagumi Victoria Memorial yang menakjubkan yang dirancang untuk memperingati mangkatnya Ratu Victoria pada tahun 1901, mengunjungi Taman Nasional Sundarbans yang dilindungi UNESCO, dan juga menikmati kehidupan malam Kolkata yang marak dengan pub dan klub malam.

Leave a Reply