Airbus A320-214 PK-GQR: Sensasi Free WiFi Perdana di Armada Citilink

Sensasi menggunakan WiFi onboar di Citilink (detik.com)

Menikmati WiFi di penerbangan maskapai Indonesia kini bukan hanya sebatas impian semata. Pasalnya sebagai maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink telah mewujudkannya, dimana penumpang bisa merasakan konektivitas yang terus tersambung selama terbang di 35 ribu kaki atau sekitar 10 ribu meter.

Baca juga: Citilink Hadirkan Fitur WiFi Onboard Pada 2019 Mendatang!

Dikutip KabarPenumpang.com dari siaran pers, kemarin tepatnya Rabu (16/1/2019), pesawat Airbus A320-214 dari Jakarta menuju Denpasar dengan nomer penerbangan QG 684 mulai melayani pengalaman berinternet di ketinggian 35 ribu kaki. Ini merupakan pesawat pertama Citilink yang sudah dilengkapi dengan fasilitas WiFi dalam kabinnya.

“Di dalam penerbangan QG 684 dengan nomor registrasi PK-GQR yang merupakan pesawat pertama kami dengan fasilitas koneksi WiFi, penumpang akan dapat menikmati secara perdana sambungan WiFi secara cuma-cuma untuk melakukan aktivasi Onboard dengan mudah,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo.

Selain itu, penumpang akan diajak melakukan aktivitas interaktif melalui akun social medianya dari ketinggian 35.000 kaki dengan menggunakan hashtag #citilinkfreewifi #koneksidiatas35000kaki #betterflycitilink. Dalam penyediaan konektivitas WiFi Onboard ini, Citilink bekerjasama dengan PT Mahata Aero Teknologi yang difasilitasi oleh Immarsat sebagai satelit dan Lufthansa technik untuk software dan hardware.

Demikian juga instalasi atas equipment WiFi ini dilakukan oleh PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk. Kolaborasi ini menjadikan Citilink sebagai maskapai LCC pertama di Asia Pasifik yang memberikan layanan WiFi gratis dengan GX System Aviation.

“Fasilitas WiFi gratis yang disediakan oleh Citilink Indonesia diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi digital Indonesia,” tambah Juliandra.

Secara umum, penyediaan WiFi gratis ini merupakan salah satu upaya Citilink sebagai digital airline yang dapat menjadi penghubung dalam berinteraksi berbasis digital bagi penduduk Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Sehingga penyediaan konektivitas on board secara gratis ini menjadi sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia di tahun 2020.

Dikutip dari detik.com, penumpang yang berada di dalam pesawat tersebut sangat antusias menyalakan ponsel mereka saat berada di ketinggian 35 ribu kaki. Saat menyalakan WiFi, penumpang nantinya akan masuk dalam layanan InflightWiFi milik Citilink.

Awalnya penumpang akan diminta untuk memasukkan alamat email dan otomatis tersambung dengan jaringan internet di pesawat. Meski saat masuk ke jaringan butuh beberapa menit untuk tersambung, setelahnya penumpang akan bisa melakukan aktivitas internet.

“Jadi untuk yang sekarang ini kemungkinan kita hanya akan memasukkan email, tapi nanti akan ada semacam unique code yang akan diberikan pada penumpang sebelum dia terbang,” ujar Presdir Mahata Group, M Fitriansyah.

Sayangnya, karena ada regulasi, maka beberapa hal tidak bisa dilakukan dalam penerbangan seperti video call ataupun voice call. Sehingga penumpang hanya bisa mengunggah dan dan men-download serta menerima pesan dari berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Line dan sebagainya.

Baca juga: 50MB Kuota WiFi Gratis di Rute Domestik Citilink dan Garuda Indonesia

Kuota yang diberikan pun hanya 50 MB dan ini terbatas, sehingga bila sudah habis, penumpang bisa memperpanjangnya atau menambahkannya dalam pesawat. Saat ini baru diketahui ada satu pesawat yang dilengkapi WiFi Onboard, nantinya akan terus meningkat di 12 sampai 20 pesawat lainnya.