Citilink Hadirkan Fitur WiFi Onboard Pada 2019 Mendatang!

Sumber: istimewa

Salah satu maskapai LCC Indonesia, Citilink dikabarkan akan segera memasang fitur WiFi Onboard dalam waktu dekat ini. Anak perusahaan dari Flag Carrier Garuda Indonesia ini menargetkan tahun 2019, akan ada sekitar 20 armada yang terpasang fasilitas yang disupport oleh PT Mahata Aero Teknologi (MAT). Kabar terakhir menyebutkan, PT MAT kini tengah mengurus soal perizinan.

Baca Juga: ‘Cicil’ Pemasangan WiFi Onboard di Penerbangan Domestik, Qantas Targetkan Rampung di Akhir 2018

“Proses perizinan juga sedang dalam proses, tetapi tidak ada kendala sejauh ini. Pengurusan mencakup Supplemental Type Certificate (STC) yang dibantu oleh Lufthansa Technik dan Citilink, serta landing right (hak labuh),” ujar Presiden Direktur PT MAT, M. Fitriansyah, dikutip KabarPenumpang.com dari laman bisnis.com (9/10/2018).

Pada kesempatan terpisah, M. Fitriansyah juga menambahkan bahwa pemasangan fitur WiFi Onboard ini harus dilakukan secara bertahap, tidak bisa langsung dipasang berbarengan. Karena tidak mungkin Citilink memberhentikan sementara pengoperasian sejumlah armadanya dalam waktu yang bersamaan.

“Nggak mungkin mereka grounded semua pesawatnya. Tahun depan kami targetkan 12 sampai 20 unit pesawat sudah terpasang wifi,” tukasnya.

Dia menyebut total investasi yang dibutuhkan adalah sebanyak US$40 juta atau yang setara dengan Rp608 miliar untuk 50 unit pesawat. Adapun, kerja sama ini akan berlangsung selama 10 tahun dan bisa diperpanjang.

M. Fitriansyah memastikan bahwa pemasangan WiFi Onboard ini tidak memakan waktu yang terlalu lama, hanya berkisar tiga sampai lima hari saja. Namun karena semua armada yang akan dipasang fitur ini masih aktif beroperasi, maka pihak PT MAT akan menyesuaikan jadwal dari Citilink.

“Pemasangannya tidak sesulit yang dibayangkan, seperti pasang router di rumah saja. Sudah ada tempat yang disediakan pada pesawat,” ujarnya.

Baca Juga: Saudia Jadi Yang Pertama Hadirkan Layanan Gratis WhatsApp OnBoard

Untuk pemasangannya sendiri, pihak PT MAT akan memberikan contoh untuk satu atau dua pesawat saja. Untuk pemasangan sisanya akan dilakukan oleh Garuda Maintenance Facility AeroAsia.

“Adapun, perangkat lunak yang digunakan adalah Multi Enterprise Platform dan Mobile App Front End, dengan kecepatan data maksimum yang kami uji adalah up to 50 Mbps,” papar M. Fitriansyah. Kelak, para penumpang bisa menggunakan fasilitas WiFi Onboard ini dengan cuma-cuma alias gratis!