Airbus Bakal Tambah Sensor di Pesawat Guna Pantau Kebiasaan Penumpang

Airbus A350-900ULR. Sumber: Business Traveller

Apakah Anda pernah merasa bahwa gerak-gerik Anda diawasi? Tentu saja perasaan ini tidak enak dan sangat mengganggu, ya! Tapi jangan salah, manufaktur kedirgantaraan asal Eropa, Airbus rencananya akan mengawasi setiap apa yang Anda lakukan di dalam kabin. Mulai dari apa yang Anda minum, film apa yang sedang Anda tonton, hingga bahkan seberapa banyak Anda menggunakan tisu toilet.

Baca Juga: Singapore AirShow 2018: Airbus Perkenalkan A350-1000 Untuk Pasar Trans-Pasifik

Ternyata ini merupakan rencana pihak Airbus untuk bisa mengumpulkan data tentang perilaku penumpang dan apa yang mereka konsumsi selama penerbangan. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman cnbc.com (11/9), bulan lalu, Airbus menerbangkan salah satu berbadan lebarnya A350-900 untuk menguji apakah ‘pikiran gila’ para eksekutif ini dapat dikembangkan lebih lanjut atau tidak.

“Ini bukan konsep, ini bukan mimpi,” ujar vice president of cabin marketing Airbus, Ingo Wuggetzer.

Pihak Airbus menambahkan bahwa nantinya pesawat Airbus akan dipenuhi oleh sensor untuk mengumpulkan data kebiasaan penumpang di dalam kabin. Manufaktur pesawat yakin, pemasangan sensor ini mampu menghemat pengeluaran pihak maskapai penggunanya dan bisa mengurangi tingkat stress penumpang – terutama ketika antre untuk mengambil bagasi kabin dan menggunakan toilet.

Ambil contoh sensor yang ada di toilet, nantinya sistem akan merekam seberapa sering toilet digunakan, apakah persediaan tisu dan sabun masih ada di dalam toilet, dan lebih jauh lagi, Airbus bisa mengetahui apakah keberadaan toilet di dalam pesawat sudah dirasa cukup atau harus ditambah lagi.

Selain itu, Airbus juga berencana untuk menambahkan kamera kecil di dalam pesawat untuk memantau berapa banyak orang yang menunggu kamar mandi, dan kemudian memberi tahu para penumpang perkiraan waktu tunggu atau toilet yang mana yang harus mereka gunakan.

Baca Juga: Gaet Musisi Asal Seattle, Singapore Airlines Rilis Video Super Kreatif di Airbus A350!

Sebagian data yang dikumpulkan oleh sensor akan dibagikan kepada awak kabin melalui WiFi onboard dan dilanjutkan kepada pihak maskapai sesampainya mereka di darat (landing). Dari situ, data akan dapat dipelajari tentang kebiasaan penumpang selama berada di dalam pesawat.

Selain itu, Airbus juga berencana untuk menambahkan kamera kecil di dalam pesawat untuk memantau berapa banyak orang yang menunggu di toilet, dan kemudian memberi tahu para penumpang perkiraan waktu tunggu atau toilet yang mana yang harus mereka gunakan.