Airbus Uji Coba Fitur Kendali Otonom pada Helikopter

0
(Airbus)

Ada kabar terbaru dari Airbus, kali ini bukan tentang pesawat, melainkan dari divisi helikopter di Marignane, Perancis, yang mewartakan telah melakukan pengujian fitur otonom pada helikopter uji Flightlab. Uji coba fitur otonom helikopter ini masuk ke dalam program Vertex yang menggunakan wahana berupa helikopter H120 Colibri.

Baca juga: Taksi Drone Otonom EHang 216 Bakal Manjakan Pengunjung Kota Wisata Terpopuler di Guangdong

Vertex dikelola oleh Airbus UpNext, anak perusahaan Airbus yang dihadirkan untuk memberikan teknologi masa depan dengan pengembangan yang cepat dengan membangun demonstran pada kecepatan dan skala, mengevaluasi, mematangkan, dan memvalidasi produk dan layanan baru yang mencakup terobosan teknologi secara radikal.

Dari siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com (26/4/2021), disebutkan uji coba fitur otonom ini bertujuan untuk menyederhanakan persiapan dan manajemen misi, mengurangi beban kerja pilot helikopter, dan lebih meningkatkan keselamatan. Beragam sensor dibenamkan pada Fligtlab, seperti vision based sensors and algorithms untuk kesadaran situasional dan deteksi rintangan, kemudian ada fly-by-wire untuk auto-pilot dengan kemampuan yang ditingkatkan dan sistem antarmuka manusia-mesin yang canggih (advanced human machine interface) – ini diwujudkan dalam bentuk layar sentuh dan tampilan yang dikenakan di helm pilot untuk pemantauan dan kendali selama penerbangan.

Kombinasi beragam sensor di atas memungkinkan sistem yang dapat mengelola navigasi dan persiapan rute, lepas landas dan pendaratan otomatis, serta mengikuti jalur penerbangan yang telah ditentukan sebelumnya. Integrasi tambahan dari teknologi ini ke helikopter Flightlab telah dimulai sebelum demonstrasi lengkap yanga akan dilakukan pada tahun 2023.

LEAVE A REPLY