Saturday, August 13, 2022
HomeAngkutan FerryAkhirnya, Kapal Ferry Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia Mulai Beroperasi di Teluk...

Akhirnya, Kapal Ferry Bertenaga Hidrogen Pertama di Dunia Mulai Beroperasi di Teluk San Francisco

Lebih dari satu abad, penduduk telah melakukan perjalanan di sekitar Teluk San Francisco, California di Amerika Serikat dengan kapal ferry. Di mana sebagian besar kapal ferry tersebut menggunakan tenaga diese. Namun saat ini, banyak negara yang mulai mengurangi emisi karbon mereka dan mengganti bahan bakar diesel dengan energi terbarukan.

Baca juga: “Sea Change” – Kapal Ferry Bertenaga Hidrogen Pertama yang Meluncur di Amerika Serikat

Salah satunya All American Marine yang akhirnya meluncurkan dan mengoperasikan kapal ferry penumpang pertama mereka “Sea Change” dengan menggunakan tenaga hidrogen. Kapal tersebut diluncurkan di Teluk San Francisco dan tidak ada emisi satupun yang dihasilkan alias nol emisi karbon.

Sebab, Ron Willie, presiden perusahaan All American Marine mengatakan, saat Anda benar-benar menggunakan hidrogen untuk menghasilkan listrik, maka satu-satunya produk sampingan adalah air panas. Sehingga tidak akan ada emisi yang dihasilkan alias nol emisi yang dihasilkan oleh kapal ferry bertenaga hidrogen tersebut.

Dia menambahkan, pelayaran berbasis kelautan, sebagian besar adalah pelayaran internasional. Ini merupakan salah satu rahasia perubahan iklim yang kotor dan tidak sedikit. Hal tersebut menyebabkan sekitar tiga persen dari semua emisi gas karbon dioksida global yang lebih dari emisi CO2 yang dihasilkan oleh industri penerbangan.

KabarPenumpang.com melansir dari laman cbsnews.com (28/12/2021), untuk diketahui, kapal ferry bertenaga hidrogen yang lebih besar sekarang sedang dibangun di Eropa dan teknologi tersebut akhirnya dapat diterapkan pada kapal kontainer. Meski begitu, ada sisi negatifnya yakni jika hidrogen bocor selama produksi dan keluar dari tangki, itu akan berkontribusi pada pemanasan global.

“Ada banyak harapan dan janji di sekitarnya, tetapi agar benar-benar bergerak maju agar iklim terlindungi dan kita perlu memahami apa sebenarnya potensi kebocoran itu,” kata Amanda Leland, direktur eksekutif Dana Pertahanan Lingkungan.

Baca juga: Australia Bangun Kapal Ferry Berbahan Bakar Hidrogen Untuk Kurangi Emisi

Untuk diketahui, All American Marine bangga bahwa masa depan yang lebih bersih sedang di bangun di Amerika.

“Benar-benar berpikir itu akan menjadi pengubah permainan saat segala sesuatunya bergerak maju,” kata Willie.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru