“Sea Change” – Kapal Ferry Bertenaga Hidrogen Pertama yang Meluncur di Amerika Serikat

0
Feri bertenaga hidrogen diluncurkan pada 12 Agustus di negara bagian Washington (AAM)

Sea Change setinggi 21,36 meter merupakan kapal ferry penggerak listrik bertenaga sel bahan bakar hidrogen. Kapal ferry ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 75 orang yang akan beroperasi di San Francisco. Sea Change sendiri baru saja diluncurkan dan menjadi kapal sel berbahan bakar hidrogen pertama yang dibangun serta dioperasikan di Amerika Serikat.

Baca juga: Australia Bangun Kapal Ferry Berbahan Bakar Hidrogen Untuk Kurangi Emisi

Kapal ferry tersebut merupakan desain dari Incat Crowther dan dibangun oleh All American Marine sebagai prototipe yang juga dapat digunakan untuk mengembangkan kapal hidrogen di AS. Sea Change dibangun untuk menunjukkan jalur komersialisasi pada teknologi kelautan sel bahan bakar hidrogen tanpa emisi.

Saat ini, kapal tersebut masih dalam proses perizinan untuk sistem bahan bakar hidrogen kapal maritim dengan Penjaga Pantai AS. Untuk pengawasan dan manajemen konstruksi dipimpin oleh Hornblower Group sementara kapal akan dimiliki oleh SWITCH Maritime, yang merupakan platform investasi swasta yang membangun armada kapal maritim nol-karbon untuk mempercepat dekarbonisasi dan transisi energi sektor maritim AS.

“Dengan bekerja sama dengan Penjaga Pantai AS, dengan mitra teknologi inovatif, dan dengan galangan kapal terbaik di kelasnya seperti All American Marine, kami dapat membuat transisi ke pengiriman dekarbonisasi menjadi kenyataan hari ini,” kata Pace Ralli, Co-Founder dan CEO SWITCH yang dikutip KabarPenumpang.com dari maritime-executive.com (18/8/2021).

Perusahaan berusaha untuk bekerja dengan pemilik dan operator ferry yang ada di seluruh negeri untuk membantu memfasilitasi adopsi kapal nol-karbon mereka. Kapal ini dilengkapi dengan paket daya sel bahan bakar hidrogen yang disediakan oleh Zero Emissions Industries, terdiri dari 360 kW sel bahan bakar Cummins dan tangki penyimpanan hidrogen Hexagon dengan kapasitas 246 kg.

Sistem ini terintegrasi dengan baterai lithium-ion 100 kWh yang disediakan oleh XALT dan sistem propulsi listrik 2x 300 kW yang disediakan oleh BAE Systems. Menurut perusahaan, sistem powertrain sel bahan bakar hidrogen akan memberikan fleksibilitas operasional yang sama seperti diesel dengan nol emisi dan perawatan yang lebih sedikit. Dibangun dari aluminium kelas laut, katamaran Incat dirancang untuk kecepatan tertinggi 22 knot.

“Teknologi sel bahan bakar hidrogen akan terbukti menjadi alternatif yang kuat untuk teknologi powertrain konvensional,” kata Ron Wille, Presiden & COO AAM.

Proyek ini menerima dukungan kota termasuk hibah $3 juta dari California Air Resources Board (CARB), yang dikelola oleh Bay Area Air Quality Management District (BAAQMD). Selain itu, proyek ini menerima jaminan pinjaman pertama di bawah program Climate Tech Finance BAAQMD, yang mengembangkan konstruksi senilai $5 juta dan pinjaman berjangka yang membiayai pembangunan tersebut.

Baca juga: HYBRIDShip Bangun Kapal Ferry Tanpa Emisi

Untuk diketahui, uji coba operasional Sea Change saat ini sedang berlangsung. Diperkirakan akan mulai beroperasi di Teluk San Francisco pada kuartal ketiga tahun 2021.