Akhirnya! Pelita Air Service Raih Izin Penerbangan Berjadwal

0
ATR 72-500 Pelita Air Service. Foto: Wikimedia Commons

Setelah menjadi pembahasan hangat dalam beberapa hari terakhir, ada kabar terbaru bahwa Pelita Air Service sudah mengantongi izin penerbangan berjadwal. Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan surat izin usaha sudah dikeluarkan.

Baca juga: Pelita Air Siap Layani Penerbangan Berjadwal, Persiapan Garuda Indonesia Bila Bangkrut?

“Surat izin usaha sudah keluar,” ujar Adita Irawati, dikutip dari detik.com (25/12/2021). Lebih lanjut, Pelita Air sudah mengantongi sertifikat standar angkutan udara niaga berjadwal. Ke depan maskapai tersebut memiliki jadwal penerbangan reguler seperti yang lain. Sebelumnya maskapai ini masih menggunakan sistem charter dan hanya beroperasi untuk keperluan induk perusahaan, PT Pertamina.

Adita mengatakan, sertifikat tersebut berfungsi untuk melakukan operasional usaha penerbangan. Selanjutnya, Pelita Air masih membutuhkan sertifikat operator pesawat udara (Air Operator Certificate) yang diajukan kepada Kemenhub termasuk rute penerbangan. “Soal rute nanti ada pengajuan lagi ke Kemenhub,” pungkasnya.

Izin penerbangan berjadwal Pelita Air Service menarik perhatian publik, pasalnya santer beredar kabar bahwa ‘kebangkitan’ maskapai ini terkait dengan langkah strategis pemerintah untuk menggantikan Garuda Indonesia, bila nantinya maskapai nasional ini ‘dibangkrutkan’ akibat hutang-hutanganya yang mencapai puluhan triliun rupiah.

Terkait dengan isu tersebut, Kementerian BUMN menjelaskan, saat ini pemerintah masih mencoba menyelamatkan Garuda Indonesia, salah satunya dengan melakukan negosiasi utang. “Soal opsi mengenai Pelita itu nanti lah ya. Yang utama sebenarnya adalah kita sekarang ini berusaha, terus berjuang, dan untuk bisa bernegosiasi dengan para lessor, pihak-pihak yang memiliki piutang dengan Garuda. Itu yang utama dan opsi itu yang pertama ya, kita dahulukan,” jelas Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan.

Sebagai BUMN, hadirnya maskapai Pelita Air di pasar penerbangan berjadwal dikhawatirkan makin mempersulit langkah maskapai nasional dalam upaya menjadi market leader industri penerbangan berjadwal di Indonesia.

Baca juga: Alitalia Bangkrut, ITA Airways Resmi Jadi Maskapai Nasional Italia

Merujuk ke sejarahnya, Pelita Air Service di awal tahun 2000 pernah menjajal pasar penerbangan penumpang berjadwal atau penerbangan reguler dengan brand Pelita Air Venture. Sayangnya, setelah dua tahun atau efektif lima tahun kemudian (2005), Pelita Air Venture atau Pelita Air resmi menarik diri dari persaingan di sektor maskapai penerbangan berjadwal. Disebutkan, maskapai kembali fokus ke bisnis yang sudah membesarkan namanya, yaitu penerbangan charter.