Akhirnya Robot Pembuat Mie Soba Mulai Beroperasi di Stasiun Jepang

0
Robot pembuat mie soba di Stasiun JR Kaihimmakuhari (mainichi.jp)

Sepertinya Jepang akan benar-benar membuat robot mengambil alih pekerjaan manusia. Apalagi dengan tenaga robot, pekerjaan yang dilakukan dua hingga tiga kali lebih cepat dibandingkan manusia.

Baca juga: Restoran di Stasiun Higashikoganei Punya Robot yang Bisa Buat Mie Soba

Hal ini terlihat jelas di mana sebuah robot yang memiliki dua lengan membantu menyiapkan mie soba di sebuah restoran di Stasiun JR Kaihimmakuhari di Distrik Mihama prefektur Chiba, Jepang. Robot tersebut bertugas untuk merebus mie yang ada di dalam saringan, membilasnya kemudian mencelupkan mie tersebut ke dalam air es.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman mainichi.jp (16/3/2021), robot ini digunakan oleh restoran Sobaichi Perie Kaihimmakuhari. Meski restoran ini menggunakan robot, tapi hanya untuk memasak makanan dan karyawan lainnya menambahkan saus celup atau sup dan topping.

Bisa dikatakan, ini menjadi pertama kalinya robot memasak diperkenalkan di lingkungan restoran yang sebenarnya. Stand mie soba di stasiun kereta api biasanya harus berurusan dengan arus pelanggan yang konstan dan bekerja di bawah tekanan waktu yang mengakibatkan kekurangan sumber daya manusia yang kronis.;

Untuk mengatasi masalah ini, JR East Start Up Company yang berinvestasi dan bekerja sama dengan perusahaan startup, dan Connected Robotics Inc., yang mengembangkan robot memasak untuk bisnis restoran, mulai mengembangkan sistem pada musim gugur 2019. Mereka mendapatkan kerja sama dari JR East Foods Co., yang mengoperasikan gerai soba di stasiun kereta api, dan melakukan eksperimen demonstrasi di salah satu restoran di Tokyo pada tahun 2020.

Robot tersebut mengambil mie soba dari sebuah kotak dengan satu tangan, dan meletakkannya di saringan. Kemudian dengan lengan lainnya, ia mengambil saringan dan merebus mie selama satu menit 40 detik, membilas lapisan kental di permukaan dan kemudian mencelupkan mie ke dalam air es untuk mengeluarkan kekencangannya. Robot tersebut dapat memasak 150 porsi dalam satu jam, menggantikan pekerjaan sekitar satu karyawan.

Connected Robotics berkomentar, “Tidak hanya dapat mengatasi kekurangan sumber daya manusia, ia juga dapat memasak tanpa kontak manusia dan karena itu berguna dalam mengurangi risiko infeksi virus corona.”

Baca juga: Jepang Punya Bartender Robot, Ada di Stasiun Ikebukuro

JR East Foods, sementara itu, menjelaskan, “Kami bertujuan untuk menerapkannya (robot) di 30 toko pada akhir tahun fiskal 2025.”

LEAVE A REPLY