Akibat Anak Tak Gunakan Masker, Satu Keluarga dan Penumpang Disebelah Dipaksa Keluar Pesawat

0
Rachel Starr Davis dan sang putra (cnn.com)

Kebijakan maskapai di setiap negara terhadap penggunaan masker pada anak-anak berbeda satu dengan lainnya. Ada yang menyebutkan anak dibawah lima tahun tidak diwajibkan menggunakan masker, ada pula yang mengatakan dibawah dua tahun tidak perlu menggunakan masker.

Baca juga: Siap Lepas Landas, Delta Airlines Kembali ke Gerbang Lantaran Ada Penumpang Tak Mau Pakai Masker

Namun karena perbedaan kebijakan ini membuat berbagai masalah timbul pada keluarga yang membawa anak kecil bersama mereka. Seperti yang terjadi pada Rachel Starr Davis yang tengah dalam perjalan pulang ke New Hampshire dari Florida bersama ibu dan anaknya yang berusia dua tahun.

Mereka dikeluarkan dari penerbangan oleh maskapai American Airlines pada 17 September kemarin karena putranya tidak memakai masker wajah. Bahkan dalam penerbangan tersebut, Davis tetap memaksa sang anak untuk mengenakannya.

“Sampai-sampai saya menangis begitu keras, saya histeris, bahkan tidak bisa menarik napas dalam-dalam karena topeng saya terus-menerus menghisap ke dalam mulut saya. Dan kemudian saya gemetar memegang selembar kain ini ke wajah anak saya sehingga kami bisa lepas landas dan mereka (awak pesawat) berdiri di dekat saya di lorong sambil mengatakan mereka harus melihat saya berulang kali mengenakan topeng padanya,” ungkap Davis yang dikutip KabarPenumpang.com dari cnn.com (23/9/2020)

Pihak maskapai mengatakan, masker diperlukan bagi anak berusia dua tahun ke atas. Ketika dia menuju ke kursinya di bagaian belakang pesawat, seorang awak kabin bertanya apakah dia memiliki tiket untuk puteranya dan mengatakan harus menggunakan masker.

Davis mengaku, dirinya tidak mengetahui kebijakan American Airlines yang mengharuskan puteranya menggunakan masker wajah saat di pesawat. Dia mengatakan, pada penerbangan sebelumnya, awak kabin tidak meminta putranya menggunakan masker.

Dalam penerbangan itu, Davis mencoba agar putranya menggunakan masker dengan memberikannya berbagai macam gamabr berbeda, tetapi sang putra tidak memilih satupun. Hingga seorang pria yang duduk disebelah mereka mencoba anak berusia dua tahun tersebut untuk menggunakan tetapi tetap saja tidak mau.

“Saya sangat ingin pulang, saya kelelahan. Ibuku dan aku tidak banyak tidur dan kami hanya perlu pulang, dan mereka memberitahuku jika kau tidak membuatnya menurut, kami akan membawamu turun dari pesawat,” jelasnya.

Karena insiden itu, semua orang disuruh turun dari pesawat, Davis, ibu dan putranya tidak diizinkan kembali serta pria yang berusaha menolong mereka. Davis mengatakan, mereka dianggap maskapai tidak menaati peraturan kebijakan masker wajah.

Menurut Davis, sebuah video beredar di media sosial yang menunjukkan adu mulut antara dia dan seorang manajer gerbang American Airlines membahas kebijakan masker dan diberi tahu bahwa maskapai akan memesannya pada penerbangan selanjutnya. Davis, ibu, dan putranya akan naik penerbangan American Airlines pada hari itu juga. Davis mengatakan putranya tidak diminta oleh awak pesawat untuk memakai masker selama perjalanan itu.

“Untuk memastikan keselamatan pelanggan dan tim kami, American Airlines mewajibkan semua orang yang berusia 2 tahun ke atas untuk mengenakan penutup wajah yang sesuai sepanjang perjalanan mereka,” kata American Airlines dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Pakai Masker Bisa Jadi Masalah Bagi Penderita Asma Kronis, Namun Awak Maskapai ini Tak Paham

“Kebijakan ditegakkan dan penutup wajah yang disetujui tersedia di poin-poin penting selama perjalanan pelanggan. Kami telah menghubungi keluarga tersebut untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman perjalanan terbaru mereka dan untuk mengatasi masalah mereka.”

Leave a Reply