Akibat Kesalahan Sistem Alarm, Boeing 777 Air China Mendarat Darurat di Rusia Timur

Pesawat Air China yang mendarat darurat di Rusia (siberiantimes.com)

Pesawat Boeing 777 milik Air China yang tengah mengangkut 188 orang penumpang dari Beijing menuju Los Angeles terpaksa mendarat darurat di wilayah Rusia Timur, tepatnya di Bandara Anadyr. Insiden ini terjadi pada Selasa (5/3/2019) kemarin setelah alarm palsu berbunyi di kargo pesawat.

Baca juga: Gara-Gara Penumpang Mabuk, Pesawat Scoot TR7 Mendarat Darurat di Sydney

Setelah menadarat darurat di Bandara Anadyr yang dipenuhi salju, semua penumpang dan kru pesawat dengan nomer CA983 dievakuasi dengan aman melalui seluncur yang dikembangkan.

Bandara Anadyr terletak di kota paling timur Rusia, tepatnya di distrik Subarctic Chukotka. Dilansir KabarPenumpang.com dari laman shanghai.ist (7/3/2019), dari video yang beredar di Weibo yakni Twitter versi Cina, memperlihatkan semua penumpang yang berjalan dari pesawat dalam suhu beku sekitar -10 derajat Celcius.

Penumpang yang dievakuasi dipindahkan ke terminal sementara menunggu pesawat lainnya yang akan menerbangkan mereka ke tujuan awal di Los Angeles. Para penumpang berada di aula VIP bandara dan diberi makan serta minuman, tak hanya itu Wakil Gubernur Leonid Nikolayev mengatakan, ada dokter yang siap siaga di ruang tersebut untuk membantu penumpang.

Penumpang Air China (siberiantimes.com)

Sebelum mendarat darurat, pesawat ini berangkat dari Beijing pukul 09.13 waktu Beijing dan tiba di Bandara Anadyr pukul 02.55 subuh waktu setempat. Pendaratan darurat ini dipicu alarm darurat yang tiba-tiba berbunyi di bagian kargo pesawat saat tengah terbang di atas Rusia. Pihak maskapai Air China kemudian meminta maaf melalui Weibo atas insiden tersebut.

“Kami sudah mengecek Boeing 777 tersebut dan menunjukkan kerusakan pada sistem alarm. Pemeriksaan setelah mendarat menunjukkan ruang kargo dalam kondisi normal dan tidak ada tanda-tanda kebakaran. Karena itu kami sampai pada kesimpulan awal bahwa alarm dipicu karena kegagalan fungsi,” ujar maskapai Air China.

Diketaui, saat terbang ke atau keluar dari Cina, selalu ada kemungkinan kecil bahwa Anda akan berakhir di bagian terpencil Rusia.

Baca juga: Mendarat Darurat di Siberia, Penumpang Air France Terperangkap Selama Tiga Hari!

Pada November 2018, sebuah pesawat Air France menuju Shanghai terpaksa melakukan pendaratan darurat di Siberia setelah pesawat dipenuhi dengan asap. Penumpang kemudian terjebak di sana selama tiga hari setelah pesawat lain tiba untuk menjemput mereka, tetapi malah mendarat karena masalah teknis.