Akomodasi Penumpang Pelajar, Pemprov DKI Kaji Tarif ‘Khusus’ di MRT Jakarta

(Tribunnews.com)

Setelah kembali ke tarif normal pada 13 Mei lalu, Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta nyatanya tetap diminati masyarakat. Bahkan tidak ada pengurangan penumpang yang signifikan saat kembali ke tarif normal. Penumpang MRT yang beragam dari pekerja kantoran hingga anak sekolahan pun tetap antusias. Mungkin dengan tarif normal, untuk para pekerja tidaklah masalah, tetapi bagaimana dengan pelajar yang hanya dibekali uang secukupnya oleh orang tua mereka?

Baca juga: Masa Promosi Berakhir, Mulai 13 Mei MRT Jakarta Terapkan Tarif Normal

Dilansir dari detiknews.com (14/5/2019), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai mengkaji tarif khusus pelajar yang naik MRT. Hal ini kemudian membuat Pemprov menampung segala usulan dari berbagai pihak untuk mendapatkan hasil terbaik terkait tarif MRT untuk para pelajar.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian Sri Haryati mengatakan, pihaknya akan membahas hal terkait tarif MRT bagi pelajar. Dia menyebutkan mereka memiliki tabel sendiri untuk itu.

“Saya malah baru dengar ada pelajarnya. Nanti akan kita bahas ya,” ujar Sri.

Dia mengatakan saat ini tarif MRT sudah berlaku 100 persen dan antusiasme warga dalam menggunakan moda transportasi berbasis rel ini tetap tinggi meski tak lagi diskon.

“Kemarin hari pertama penetapan tarif 100 persen 77.696 itu oke dong. Target kita 65 ribu di tahun ini,” kata Sri.

Dia mengatakan, saat ini pihak Pemprov tengah melakukan pematangan terkait integrasi MRT Jakarta dengan moda transportasi lainnya. Adapun integrasi tersebut menyangkut dalam pembayaran tarif, rute hingga integrasi infrastruktur.

“Ada integrasi pembayaran, integrasi rutenya. Integrasi fisik kita sudah punya pembahasan terpadu di beberapa titik,” ujarnya.

Terkait masalah tarif MRT bagi pelajar, pihak PT MRT Jakarta mengatakan, saat ini masih melakukan pembahasan. “Kita masih melakukan pembahasan. Apakah ada usulan?” Ujar Humas PT MRT Jakarta, Tomo yang dihubungi KabarPenumpang.com, Kamis (16/5/2019).

Baca juga: Animo Pengguna MRT Jakarta Tinggi, TransJakarta Koridor 1 Tidak Mengalami Penurunan Penumpang

Pertanyaan yang dilontarkan kembali kepada KabarPenumpang.com tersebut, seakan membantu pihak MRT Jakarta memudahkan dalam pembahasan. Pasalnya seperti diawal dikatakan, pelajar biasanya hanya dibekali uang saku secukupnya.

Untuk tarif MRT bagi pelajar, apakah Anda punya usulan?