Animo Pengguna MRT Jakarta Tinggi, TransJakarta Koridor 1 Tidak Mengalami Penurunan Penumpang

0
Foto: Istimewa

Sudah satu bulan berlalu sejak MRT Jakarta beroperasi secara komersial pada 1 April 2019. Dengan rata-rata penumpang 80.550 per hari, animo pengguna MRT Jakarta dapat disebut cukup sukses, bahkan pada akhir pekan pernah menyentuh angka 116.748 penumpang dalam satu hari. Lantas yang menjadi pertanyaan, dengan tingginya antusiasme warga untuk menggunakan MRT Jakarta, apakah berdampak pada penurunan penumpang bus (BRT) TransJakarta, terutama di koridor 1 yang melayani rute Blok M – Stasiun Kota.

Baca juga: BYD K9 – Inilah Bus Listrik untuk Koridor 13 TransJakarta

Pertanyaan di atas tentu wajar, mengingat ada irisan jalur antara MRT Jakarta dan TransJakarta koridor 1, yaitu di sepanjang kawasan Thamrin hingga Sudirman. Menjawab pertanyaan di atas, Agung Wicaksono selaku Direktur Utama PT TransJakarta dalam acara Forum Jurnalis 29 April lalu menyebutkan, bahwa tingginya pengguna MRT Jakarta nyatanya tidak membuat pelanggan TransJakarta koridor 1 mengalami penurunan.

Agung justru menyebut sebaliknya, bahwa pelanggan TransJakarta koridor 1 malahan bertambah. “Seperti pada 29 Maret pengguna TransJakarta koridor 1 mencapai 90.003 dan pada 2 April sampai 89.039 penumpang,” ujar Agung. Ia menambahkan bila dihitung mulai 13 Maret (saat uji coba gratis MRT) hingga 25 April 2019, maka rata-rata penumpang di koridor 1 mencapai 78.010.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Operasional TransJakarta Daud Joseph mengatakan, dengan rampungnya pengerjaan proyek MRT Jakarta, laju akses bus di koridor 1 dapat lebih baik. “Bila dahulu semasa pembangunan proyek MRT, bus tidak dapat melaju kencang, maka kini sebaliknya dan on time perfomance semakin baik, setiap dua menit armada kami selalu hadir di setiap halte,” ujar Daud.

Baca juga:15 Tahun Beroperasi, TransJakarta Targetkan 236 Rute di Akhir Tahun 2019

Rencananya dalam waktu dekat, koridor 1 TransJakarta akan diujicobakan untuk operasional bus listrik. Selain koridor 1, bus listrik akan dijajal untuk koridor 6 yang melayani Ragunan – Dukuh Atas.

Leave a Reply