Alami Kebakaran di Selat Sunda, Inilah Serba-Serbi Kapal Ferry KMP BSP 1

KMP BSP 1. Sumber: VesselFinder

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BSP 1 dikabarkan mengalami kebakaran ketika tengah melayani pelayaran dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada Kamis (7/2/2019) sore. Adapun api yang membakar salah satu bagian dari kapal yang tengah mengangkut 270 penumpang dan 39 kendaraan ini diduga berasal dari hubungan arus pendek di kamar mesin. Beruntung, api dengan cepat dapat dipadamkan sehingga tidak memakan korban.

Baca Juga: KMP Athaya, Arungi Selat Sunda dengan Sensasi Hotel Berbintang

Nah, patut Anda ketahui, KPM BSP 1 sendiri merupakan vessel berjenis RoRo (Roll-on/roll-off) ship yang dirakit oleh galangan Kurushima Dockyard, Jepang pada tahun 1973. Vessel dengan tonase kotor 5057 ini memiliki nomor International Maritime Organization (IMO) 7323308. Seperti yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, KMP BSP 1 ini bernaung di bawah manajemen dari PT Tri Sumaja Lines.

 

View this post on Instagram

 

KMP BSP1 yang pada Rabu sore (7/2/2019) diwartakan mengalami kebakaran di dekat Pulau Merak Besar, jalur penyeberangan #merak #bakauheni – Tidak ada korban, semua penumpang selamat #repost #kabarpenumpang #asdp #kapalferry

A post shared by KabarPenumpang.com (@kabar.penumpang) on

Kapal ini sendiri memiliki bobot mati sekira 1405 ton, dengan panjang 86 meter dan lebar sekitar 14 meter. Dengan rata-rata draught 4,6 meter, KMP BSP 1 ini bisa menempuh kecepatan maksimum hingga 11,6 knot atau yang setara dengan 21,5 km per jam. Menurut informasi yang tersaji di laman vesselfinder.com, kapal RoRo dengan callsign YFDW ini secara resmi terdaftar menjadi bagian dari PT Tri Sumaja Lines pada tahun 2013 silam.

Sebelumnya, KMP BSP 1 ini juga pernah dioperasikan oleh PT Budi Samudera Perkasa sejak tahun 2000. Kapal ini juga sebelumnya pernah tercatat menggunakan nama Jatra 1 BSP ketika berada di bawah naungan PT Samudera Perkasa Wisma Budi di tahun 1995.

Baca Juga: Spesifikasi KMP Port Link, Kapal Ferry Teranyar dan Terbesar

Sebelum mengabdi kepada Merah-Putih, KMP BSP 1 pernah ‘mengabdi’ kepada Sungai Budy Enterprise Pte Ltd pada tahun 1995 dengan nama Happiness. Di tahun 1992, Happiness dioperasikan oleh Kato Kisen KK (Jepang), dan pertama kali kapal ini dioperasikan oleh Shikoku Chuo Ferry Boat KK (Jepang) di tahun 1973 dengan nama Niihama.