Ambil Langkah ‘Terbalik’ dengan Boeing, Airbus Akuisisi MTM Robotics

0
Sumber: geekwire.com

Mungkin beberapa dari Anda masih ingat dengan kabar yang menyebutkan bahwa manufaktur pesawat kebanggaan Amerika, Boeing telah ‘memberhentikan’ sistem robotika di jalur produksinya, nah kali ini pemberitaan kontradiktif datang dari rival abadinya, Airbus. Diberitakan pabrikan pesawat asal Eropa ini baru saja mengakuisisi MTM Robotics, sebuah perusahaan asal Seattle, AS yang menyediakan sistem otomatis untuk pembuatan si burung besi.

Baca Juga: Boeing ‘Buang’ Teknologi Robotika di Jalur Produksi Varian 777 dan 777X

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman geekwire.com (12/12), kendati markas dari MTM Robotics berdekatan dengan pabrik Boeing yang ada di Everett sana, namun sejatinya kerja sama yang terjalin antara Airbus dan MTM Robotics sudah cukup lama – kurang lebih satu dekade, MTM Robotics telah menyediakan sistem robotika otomatis ringan untuk fasilitas produksi Airbus.

Kini MTM Robotics secara resmi telah menyandang predikat sebagai anak perusahaan dari Airbus Americas Inc., dan perusahaan dikabarkan akan tetap mempertahankan kepemimpinannya saat ini dan tetap memperkerjakan 40 karyawannya yang bekerja di fasilitas Mukilteo (markas dari MTM Robotics).

“Kami senang bisa bergabung ke dalam keluarga besar dari Airbus, dan kami berharap dapat mengintegrasikan produk kami dan melakukan pendekartan ke dalam rantai industrialisasi Airbus,” ujar pendiri MTM Robotics, Mike Woogerd.

Menurut Airbus, akuisisi ini merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mengambil keuntungan dari robotika untuk mengurangi waktu dan biaya perakitan pesawat komersial.

“Daya saing masa depan akan ditentukan dari desain pesawat terbang terbaik dan dengan membangun sistem manufaktur paling efisien, secara paralel,” ujar Michael Schoellhorn, Chief Operating Officer Airbus.

“Otomasi dan robotika adalah pusat strategi industri kami. Kami sangat senang menyambut MTM Robotics sebagai anggota keluarga dan bersama-sama melangkah maju,” sambungnya.

Baca Juga: Airbus Berdayakan Teknologi Robotika dalam Perakitan Seri A320

Sebagai informasi tambahan, MTM Robotics didirikan pada tahun 2003 silam dengan nama Mobile Tool Management. Sejak eksis di industri dirgantara, MTM Robotics telah mengerahkan lebih dari 40 sistem manufaktur luar angkasa – termasuk mesin, peralatan, hingga perangkat lunak.

LEAVE A REPLY