ANA Sulap Pesawat Boeing 777 yang Di-grounded Jadi Restoran, Sekali Makan Rp7,8 Juta!

0
Pengunjung akan dilayani oleh pramugari sebagaimana di penerbangan sungguhan. Foto: ANA

All Nippon Airways (ANA) tak kehabisan akal melihat banyak pesawatnya yang digrounded akibat penerbangan sepi. Belum lama ini, maskapai asal Jepang itu menyulap salah satu Boeing Triple Sevennya menjadi restoran. Harga menyantap sajian makanan di sini tak tanggung-tanggung, mencapai US$540 atau sekitar Rp7,8 juta (kurs 14.525) untuk paket makanan di first class untuk sekali makan.

Baca juga: Ada Sajian Sate Vegetarian di Restoran A380 Singapore Airlines, Segini Harganya

Laporan Nikkei Asia, seperti dikutip Simple Flying, kendati mahal, setiap hari restoran pesawat Boeing 777-300ER ANA selalu diminati pengunjung. Bahkan, maskapai harus menambah kapasitas pengunjung restoran sejak pertama kali di buka sampai saat ini, saking tingginya animo masyarakat.

Setiap harinya, tak kurang dari 56 orang berebut untuk mendapatkan kesempatan pengalaman makan di restoran pesawat ANA. Sebagaimana di pesawat, restoran pesawat ANA juga ditawari dalam setidaknya dua varian, first class dengan biaya US$540 atau sekitar Rp7,8 juta (kurs 14.525) dan kelas bisnis dengan biaya US$250 atau sekitar Rp3,6 juta (kurs 14.525).

Di kedua kelas itu, pengunjung restoran pesawat ANA akan ditawari satu dari tiga pilihan menu, yaitu sajian Japanese-style, Western-style beef, dan Western-style fish, lengkap dengan sampanye khas Jepang andalan ANA.

Tak disebutkan dengan jelas dimana sajian makanan dibuat. Tetapi, besar kemungkinan sajian dibuat di tempat lain, baru kemudian dibawa ke restoran pesawat ANA saat masih hangat dan dihangatkan kembali -bila perlu- sebelum disajikan penumpang.

Pengunjung restoran pesawat ANA juga mendapat pelayanan dari chef agar sajian makanan lebih pas di lidah. Foto: ANA

Meski tak semudah makan di restoran yang ada di pusat kota, pengujung restoran pesawat ANA mengaku sangat menikmati sensasi makan di sana. Banyak dari mereka mengaku tak bisa menggambarkan dengan kata-kata apa yang dirasakan selama menyantap sajian makanan, baik di kursi first class maupun kelas bisnis.

Selain itu, kendati restoran pesawat ANA tidak terbang, setiap pengujung tetap mendapatkan pelayanan maksimal dari pramugari layaknya penerbangan sungguhan.

“Pesawat Boeing 777-300ER yang digunakan pada penerbangan internasional ANA diparkir di Bandara Haneda dan menjadikannya restoran untuk waktu yang terbatas. Selain menikmati makanan dalam pesawat first class dan kelas bisnis yang ditawarkan pada rute internasional jarak jauh, ana unik menu minuman, termasuk sampanye dan anggur, akan disiapkan, dan pramugari akan menyambut Anda seperti penerbangan sungguhan,” kata juru bicara ANA.

Baca juga: Usai Bangkrut, Thai Airways Kini Bisnis Restoran Khas Hidangan Pesawat! Pelayannya ‘Pramugari’

ANA tentu bukanlah yang pertama melakoni konsep seperti ini. Sebelumnya, Singapore Airlines pernah menawarkan program makan siang mewah di pesawat Airbus A380, dimana pesawat diubah menjadi restoran secara temporer.

Dilansir situs resmi perusahaan, Singapore Airlines (SIA) membanderol makan siang selama tiga jam di kabin kelas ekonomi Airbus A380 hanya sebesar US$50 atau sekitar Rp750 ribu (kurs 14.800) sampai menikmati makan siang mewah di ultra first-class suites A380 SIA dengan mahar sebesar $600 atau sekitar Rp9 juta (kurs 14.800).

Leave a Reply