Anda Mau “Survive” di Dalam Gerbong KRL? Yuk Ikuti Tipis Berikut Ini

0

Kereta Rel Listrik atau KRL, yang melayani rute dari Jakarta menuju Bogor, Bekasi hingga Tangerang setiap hari selalu penuh dengan masyarakat pinggiran Ibukota yang hendak berangkat kerja ataupun pulang kerja. Hal yang paling sering dialami penumpang yakni berdesak-desakan saat di dalam kereta. Ini dilakukan para penumpang demi mengejar kereta agar tak telat masuk kantor.

Para penumpang ini, tidak berpikir lagi walaupun berdesakan sangat menderita mereka tetap memilih untuk naik kereta tersebut daripada terlambat. Namun, penderitaan ini juga dirasakan pengguna kereta saat hari libur baik Sabtu atau Minggu ataupun hari besar lainnya. Biasanya untuk hari libur kereta akan penuh dari Jakarta menuju pinggiran, ini berbalik dengan hari kerja.
rifky-maulana-1Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan para pengguna KRL agak tidak merasakan derita berdesakan di kereta. Berikut ada beberapa tips yang diberikan para pengguna KRL untuk menghindari desakan di kereta di hari kerja.

1. Datang pagi sebelum pukul 07.00
Untuk Anda yang kerja pagi dengan tujuan Jakarta dari daerah pinggiran Ibukota lebih baik datang pagi. Selain menghindari penuh dan berdesakan kereta, kemungkinanan Anda masih mendapat tempat duduk dan memilih kereta.

2. Berdiri dekat sambungan kereta
Bila Anda sudah terlambat dating ke stasiun, lebih baik berdiri di sambungan kereta, ini bisa mengurangi desakan-desakan dari penumpang lainnya.

3. Tidak berdiri di depan pintu
Untuk hal ini, harus Anda hindari sebisa mungkin. Karena berdiri di depan pintu bukan membuat Anda aman, justru akan membuat Anda lebih sengsara dan terdesak saat kereta berhenti di stasiun lain dan banyak penumpang yang naik.
BACA-BERITA-Penumpang-KRL4. Tahu jadwal kereta yang di naiki Ini hal terpenting juga, kalau Anda taahu jadwal perjalanan KRL akan memudahkan Anda. Salah satunya Anda jadi tahu kereta mana yang pertama berangkat dan tahu penuh atau tidaknya kereta yang Anda naiki.

5. Gunakan uang elektronik (e-money)
Gunakan uang elektronik anda untuk masuk ke dalam gate stasiun. Ini memudahkan Anda, selain tidak harus mengantri untuk membeli tiket THB atau tiket harian berlangganan ini membuat Anda tidak repot-repot mengantri hanya untuk membeli tiket. Selain untuk mengurangi antrian, bila kereta yang akan Anda naiki sudah dating, Anda masih bisa mengejarnya.

Dalam perjalanan KRL banyak kendala yang bisa tiba-tiba saja terjadi. Korsleting listrik, kereta terbakar ataupun tabrakan antar kereta bisa terjadi. Kebakaran yang ada disekitaran stasiun juga membuat perjalanan KRL bisa terganggu. Gangguan sinyal bisa membuat penumpang berdesakan dan semakin membuat Anda tidak nyaman.

Tak hanya tips untuk hari kerja, di hari libur pun ada trik khusus yang bisa digunakan oleh penumpang dadakan yang memang hanya menggunakaann kereta di hari libur. Untuk pengguna kereta di hari libur, baiknya berangkat agak siang untuk menghindari berdesakan dengan penumpang lain. Ini dikarenakan penumpang hari minggu biasanya membawa keluarga untuk menikmati perjalanan. Sedangkan untuk kembaali pulang, Anda lebih baik naik keret sebelum jam 5 sore atau pulang di atas jam delapan malam untuk menghindari kepadatan dan desakan di dalam kereta.

Leave a Reply