Apa Saja Persiapan Pesawat Sebelum Terbang? Cek Jawabannya Disini!

Sumber: runway.com

Berbaris rapih sembari memegang tiket dan kartu identitas di depan gerbang keberangkatan menjadi pemandangan lumrah yang akan Anda lihat sesaat sebelum melakukan boarding. Nah, ketika Anda sedang berada pada situasi seperti ini, pernahkah terlintas di benak Anda tentang apa saja yang terjadi sebelum Anda diijinkan untuk masuk ke dalam pesawat?

Baca Juga: Saat Take Off and Landing, Penutup Jendela Pesawat Wajib Dibuka, Inilah Sebabnya!

Jika Anda pernah memikirkan hal tersebut, maka artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda semua! Berikut adalah sembilan prosedur yang dilakukan oleh suatu maskapai, dari mulai landing hingga take-off kembali – dikutip KabarPenumpang.com dari laman cnn.com.

Memarkirkan Pesawat
Ya, bukan hanya mobil atau motor saja yang butuh parkir – pesawat juga! Di sini pilot akan mengikuti arahan dari Air Traffic Control (ATC) yang memberikan koordinat parkir pesawat hingga rute mana saja yang harus pesawat itu lalui.

Menghubungkan Ground Power System
Ketika pesawat sudah terparkir, maka petugas darat akan menghubungkan ground power system yang akan mengganti pasokan aliran listrik selama pesawat berada di darat. Selain ground power system, ada juga yang namanya conditioned air, yang juga dipasang ketika pesawat mendarat guna menjaga temperatur kabin.

Persiapan Unload Penumpang
Untuk bisa mengeluarkan penumpang dari dalam pesawat, dibutuhkan tangga manual atau garbarata. Tentu saja ini juga sudah dipersiapkan terlebih dahulu. Jika Anda beruntung, maka Anda akan turun melalui garbarata – namun jika tidak, Anda akan menggunakan tangga manual, dimana Anda bisa berdiri di tengah-tengah pesawat yang terngah terparkir.

Bongkar Muat Kargo
Hampir berbarengan dengan turunnya penumpang, pihak ground crew akan membongkar muat kargo dan bagasi penumpang. Setelah barang penumpang keluar semua, maka para petugas ini siap untuk memasukkan barang penumpang untuk penerbangan selanjutnya.

Mengisi Ulang Makanan
Tidak hanya barang penumpang saja yang di load ke dalam pesawat, pun halnya dengan pasokan makanan.

Membersihkan Toilet
Ini menjadi salah satu tugas yang vital, dimana kotoran yang ditampung pada penerbangan sebelumnya akan dibuang dan mengisi ulang air di dalam toilet.

Mengisi Ulang Bahan Bakar
Tidak seperti mobil atau motor yang bisa diisi bahan bakar sesuka hati, pengisian bahan bakar di pesawat dipertimbangkan dengan sangat matang – memiliki perhitungannya sendiri.

Baca Juga: Fenomena Take Off di Tahun 2018 dan Landing di Tahun 2017. Time Traveler?

Boarding dan Pushback
Ketika semua persiapan untuk penerbangan selanjutnya sudah rampung, maka tiba waktunya untuk menyambut penumpang baru dan melakukan prosedur boarding hingga pushback.

Kencangkan Sabuk Pengaman dan Siap Terbang!
Semua penumpang sudah duduk rapi di seat-nya masing-masing, kini tiba saatnya untuk pilot meminta ijin kepada ATC untuk melakukan pushback, taxi, dan lepas landas!