Aplikasi “Access Houston Airports,” Bantu Penumpang dengan Anak Cacat dan Autisme

0

Membawa anak yang memiliki kekurangan atau cacat perkembangan dalam penerbangan jelas membutuhkan penanganan khusus. Hal tersebut kemudian mendasari pengelola Bandara Houston meluncurkan aplikasi seluler untuk anak-anak cacat perkembangan dan autisme.

Baca juga: Aira, Aplikasi Pembantu Penyandang Tuna Netra di Bandara

KabarPenumpang.com melansir dari laman internationalairportreview.com (3/10/2019), aplikasi ini dirancang untuk membantu dan memudahkan anak-anak cacat, autisme dan pengasuh mereka agar mempersiapkan diri dalam setiap tahap perjalanan bandara. Aplikasi ini juga dirancang dengan berbagai hal menarik dan menyenangkan di dalamnya serta menyediakan berbagai alat untuk transisi melalui semua fase pengalaman di bandara.

Di dalam aplikasi pun tertanam strategi berbasis penelitian yang terbukti membantu individu dengan autisme dan cacat perkembangan lainnya. Fitur-fitur pelengkap aplikasi ini ada berbagai macam seperti Explorer Guides dengan cerita gambar pendek yang menggambarkan setiap ruang di bandara.

Schedule function dimana anak bisa memeriksa daftar visual yang sudah disesuaikan. Communication Icon, ini dihadirkan untuk membantu anak-anak yang kurang verbal dalam berbicara atau meminta bantuan.

Caregiver supports berisi peta terminal, tips dan lainnya untuk membantu dalam merencanakan kunjungan ke bandara. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), 13 persen populasi Amerika Serikat memiliki cacat perkembangan yang tidak terlihat seperti Autism Spectrum Disorder.

“Persentase ini setara dengan 20 ribu pengguna jasa harian di Bandara Houston. Bandara Houston memperkenalkan aplikasi ini untuk mengurangi kecemasan bagi keluarga dan memberikan informasi dan sumber daya yang akan membuat kunjungan mereka ke bandara menjadi pengalaman yang menarik dan bermakna,” kata Tim Joniec, Direktur Pelaksana Bandara Amerika Serikat.

Baca juga: Too Good To Go – Aplikasi di Bandara Munich untuk Pesan Makanan dan Kurangi Limbah

Bandara Houston, Bandara George Bush Intercontinental (IAH) dan Bandara William P. Hobby (HOU) ternyata telah bermitra dengan Infiniteach untuk memperkenalkan aplikasi gratis. Inisiatif ini merupakan bagian dari tujuan untuk membuat Bandara Houston lebih mudah diakses untuk semua. Aplikasi Access Houston Airports gratis untuk diunduh dan tersedia melalui App Store dan Google Play.