Aplikasi Ride Hailing Kedatangan Pemain Baru, Anterin dan BitCar

(Asumsi.co)

GoJek dan Grab sebagai layanan ride hailing yang sudah cukup lama meluncur di Indonesia akan kehadiran penantang baru. Penantang tersebut diantaranya adalah Anterin dan BitCar yang kini aplikasinya sudah ada di Play Store dan bisa di unduh.

Baca juga: Ternyata di Ride Hailing Banyak Kecurangan yang Dilakukan Pengemudi Online

Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Anterin sendiri sudah beroperasi di Indonesia dan BitCar akan mulai menapaki pada akhir bulan Agustus 2019. Kedua aplikasi ini berbeda yang mana Anterin merupakan layanan ojek online dan BitCar adalah taksi online.

Aplikasi Anterin merupakan besutan asal Indonesia yang menyediakan jasa angkutan ojek motor, transportasi mobil, on-demand kurir dan truk. Ternyata perusahaan Anterin sudah berdiri sejak tahun 2016 lalu di Jakarta oleh Imron Hamzah dan Rachmat Efendi.

Memang, tak jauh berbeda dengan aplikasi ride hailing lainnya, tapi aplikasi ini memiliki keunikan dengan menggunakan sistem lelang dimana pelanggan bisa memilih layanan Anterin berdasarkan pengemudi (pria atau wanita), jenis kendaraan dan harga terbaik.

Di Play Store, aplikasi Anterin sudah diunduh hingga sekitar 100 ribu kali dengan rating 4,2. Nah, bagaimana dengan yang akan baru meluncur akhir Agustus ini? Ya, BitCar memiliki asal negara yang sama dengan Grab yakni Malaysia dan apakah ada hubungannya dengan BitCoin?

Aplikasi ini tidak ada sangkut pautnya dengan BitCoin, sebab di Malaysia sendiri namanya adalah BitCar Malaysia Sdn Bhd yang juga sebagai pengembang aplikasi BitCar. Berdiri April 2019 di Malaysia, dan di Indonesia awalnya ingin menggunakan nama perusahaan PT BitCar Transport Indonesia tetapi tidak jadi.

Chief Operational Officer (COO) Bitcar Indonesia, Christiansen Wagey mengatakan, PT Bitokenpay Digital Indonesia didirikan sebab ingin pengelola merek BitCar di dalam negeri merupakan murni Indonesia. Dia mengatakan, saat meluncur akhir Agustus ini, sudah ada seribu pengemudi BitCar Indonesia yang siap bekerja.

Baca juga: S.Ride, Aplikasi dari Sony untuk Taksi Hailing di Jepang

Menurut Christiansen, Bitcar Indonesia bukan hadir menjadi pesaing buat Gojek dan Grab melainkan memberi alternatif. Salah satu kekuatan Bitcar Indonesia, dijelaskan Christiansen, yaitu ‘menguasai’ komunitas sopir taksi online. Komunitas ini dikatakan salah satu unsur yang bikin Gojek dan Grab besar seperti sekarang.