Aplikasi Uber di Amerika Serikat Bakal Dilengkapi Fitur Tip

Uber kembali menambahkan fitur baru pada aplikasinya yakni sedikit perubahan pada ride-sharig-nya dengan memberikan fitur tip yang akan diluncurkan di Amerika Serikat Akhir Juli 2017 ini. Dilansir KabarPenumpang.com dari postbulletin.com (28/6/2017), tahukah Anda berapa banyak tip yang harus diberikan? Atau apakah Anda dapat meminta musik dari radio atau makan di kursi belakang?

Baca juga: Uber Punya Fitur Peringkat Untuk Pengguna dari Pengemudi

Saat Anda mengunaka Uber atau Lyft sebagai pesaingnya, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk pertama kalinya oleh pengendara, perkumpulan dan perusahaan pengemudi sendiri.

1. Panggil aku bila siap
Dengan aplikasi di ponsel pintar Anda, mintalah pengemudi untuk datang. “Jangan buat pengemudi menunggu saat mereka tiba,” ujar pengemudi Uber, Virginia Davis, Palm Beach Garden, Fla. Kirim pesan atau hubungi pengemudi jika lokasi sulit ditemukan seperti nomor atau nama jalan serta jika rumah agak sulit seperti di dalam gang. Uber baru-baru ini, mengumumkan akan mengenakan beban kepada penumpang saat pengemudi menunggu lebih dari dua menit dan akan dimulai pada Agustus 2017 mendatang. Nantinya pengemudi akan mengih pada penumpang sebanyak US$5 jika penumpang membatalkan perjalanan selama dua menit setelah pengemudi datang.

Baca juga: Ride-Sharing, Upaya Uber Untuk Lebih Mengerti “Perasaan” Pengguna

2. Pertama menggunakan taksi online
Bagi pengguna pertama Uber atau Lyft akan diberikan perjalanan gratis US$15 untuk Uber dan US$20 untuk Lyft. Sebagai pengguna baru juga Anda akan diberikan kode kupon atau kode promo yang diberikan masing-masing aplikasi.

3. Membukakan pintu
Sebenarnya ini tidak perlu dilakukan oleh pengemudi kecuali membatu Anda dalam memasukkan barang ke dalam mobil bila barang yang dibawa banyak. Alex Figueroa seorang pengemudi Lyft di Miami mengatakan, banyak penumpang yang tidak memberi waktu pada pengemudi untuk membukakan pintu. “Sebenarnya, saya selalu menyarankan pada pengemudi bila memiliki waktu yang lebih, bantu bukakakn pintu untuk penumpang, sebab dengan seperti itu penumpang seperti di sambut,” ujarnya.

Baca juga: Uber Hadirkan Beacon LED, Mudahkan Navigasi Pengemudi

4. Tidak memberitahu tiba-tiba
Pengemudi menggunakan GPS di aplikasi mereka untuk mengemudi ke tujuan. “Jika Anda menginginkan rute lain dari aplikasi untuk sampai tujuan, baikknya beritahukan,” ujar Davis.

5. Memberikan tip atau tidak
Uber dikenal dengan aplikasi layanan tanpa uang tunai. Beberapa pengemudi juga biasa menerima tip secara tunai dan sukarela dari penumpangnya. Namun sebuah fitur baru bernama set ti, akan dibuat untuk penumpang bisa memberikan tip melalui aplikasi pada pengemudi di Amerika Serikat Juli mendatang. Penumpang bisa memberikan tip kepada pengemudi setelah memberikan penilaian kepada pengemudi. Untuk Uber, penumpang diberi waktku 30 hari untuk memberukan tip paling lama. Sedangkan untuk Lyft, diberikan waktu 72 jam untuk penumpang yang akan memberikan tip.

6. Lima bintang
Beri peringkat yang bagus untuk pengemudi, sebab pengemudi juga akan memberikan penilaian yang baik kepada Anda sebagai penumpangnya.

Baca juga: Selangkah Lagi, Uber Akan Operasikan Taksi Udara

7. Berperilaku sopan dan bersih
Dalam taksi online Lyft dan Uber berperilakulah yang sopan dan bila maka, jagalah kebersihan mobil tersebut. Sebab bila mobil kotor, pengemudi akan rebot bila penumpang berikutnya naik dan belum dibersihkan.

8. Musik
Pengemudi membiarkan beberapa penumpang menyalakan musik mereka sendiri. Bila baterai ponsel penumpang habis, beberapa pengemudi menyediakan kabel colokan untuk memudahkan pengemudi mengisi daya ponsel mereka.