Atasi Lonjakan Penumpang Kereta di Musim Libur, India Siapkan Skema Vikalp

0
Sumber: indianexpress.com

Menjelang liburan musim panas, pemerintah India mulai mengambil ancang-ancang untuk menghadapi lonjakan penumpang yang terjadi di salah satu sarana transportasinya, kereta api. Inisiasi untuk menyediakan kereta spesial dipilih dengan harapan dapat meredam peningkatan jumlah penumpang yang terjadi pada saat musim liburan di Negara penghasil film Bollywood tersebut. Selain bertujuan untuk meredam lonjakan penumpang, kehadiran kereta spesial ini juga dinilai dapat memberikan pengalaman tersendiri bagi para penumpangnya.

Dengan hadirnya kereta spesial ini, tidak akan ada lagi pelancong yang terpaksa menunggu akibat kehabisan kereta. Ditambah lagi dengan tidak adanya biaya tambahan untuk menggunakan jasa kereta spesial ini, dan di beberapa kereta menyediakan layanan kelas premium seperti yang biasa didapatkan di kereta Rajdhani hingga Shatabdi, tentunya para pendatang akan merasa terbantu dengan adanya kebijakan penambahan armada ini.

Salah seorang dari Kementerian Perkeretaapian India mengatakan penyediaan kereta alternatif dengan tujuan yang sama sudah bisa digunakan per tanggal 1 April kemarin. “Respon (masyarakat) yang kami terima sejak peluncuran amat bagus,” ujarnya seperti yang dilansir dari laman indianexpress.com, Minggu (23/4/2017) lalu. Kondisi penduduk India yang amat banyak memaksa pemerintah untuk menghadirkan skema Vikalp, alternatif penambahan kereta seperti yang sudah dijabarkan di atas.

Fasilitas e-ticketing yang tersedia untuk layanan kereta spesial tersebut sudah dapat dipesan per tanggal 1 April 2017, dan apabila Anda ingin membatalkan tiket tersebut, Anda bisa mengaksesnya melalui laman IRCTC atau menghubungi 139. “Hal ini dilakukan agar proses pembatalan tidak merepotkan,” tambah salah satu senior di Kementerian Perkereta Apian tersebut pada kesempatan yang sama. Beberapa kereta tambahan ini akan diluncurkan beberapa minggu ke depan. “Sementara beberapa kereta khusus sudah diluncurkan bulan ini, banyak lagi yang akan kami perhatikan untuk memastikan rencana perjalanan musim panas Anda tidak terganggu,” tutur senior yang tidak menyebutkan namanya tersebut. “Perkereta apian telah memastikan finalisasi tabel reservasi kloter pertama setidaknya 4 jam sebelum jadwal keberangkatan,” tambahnya.

Setelah tabel reservasi pemesanan tahap satu selesai, maka pihak kereta api harus mengatur jadwal penumpang yang membatalkan tiket dan kembali memjualnya di loket-loket penjualan tiket hingga di internet. Skema Vikalp yang diterapkan di sini berguna agar kereta api dapat mengakomodasi jumlah penumpang yang lebih banyak.

Ada beberapa keuntungan yang dapat dirasakan oleh penumpang yang memesan tiket via online. Bagi Anda yang sudah memesan tiket via online, perubahan jadwal dapat dilakukan minimal 24 jam sebelum jadwal keberangkatan pada tiket yang sebelumnya sudah dipesan. Selain itu, keuntungan lain yang didapatkan penumpang adalah bebas biaya tambahan untuk penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Apabila Anda memesan tiket melalui situs IRCTC, keuntungan tambahan lainnya adalah penumpang dapat memesan bedrolls sekali pakai dan memilih menu makanan yang akan disajikan selama perjalanan.

Leave a Reply