Aturan Sering Berubah, Cek Prosedur Setiap Negara Sebelum Bepergian di Masa Pandemi

0
Ilustrasi pelancong gunakan masker

Ketika bepergian menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang di masa pandemi ini, ternyata masih juga ada yang harus bepergian karena berbagai urusan baik diplomatik maupun kepentingan pemerintahan lainnya. Namun perjalanan ini pun masih sangat sulit karena pandemi Covid-19 yang masih terus memunculkan gejala di berbagai negara.

Baca juga: Tak Perlu Bawa Surat Hasil Test Covid-19 atau Vaksin, Emirates Gandeng IATA Hadirkan Travel Pass

Meski begitu, masih bisa bepergian dengan wajib melakukan tes swab PCR untuk memastikan seseorang tersebut negatif atau tidak terinfeksi Covid-19. KabarPenumpang.com melansir aboutmanchester.co.uk (20/1/2021), sebelum bepergian ke luar negeri, berikut ada beberapa daftar yang harus diperiksa selama masa pandemi ini untuk diikuti agar perjalanan berjalan dengan mulus.

1. Ketahui tujuan
Sebelum pergi, cek apa dokumen yang harus dibawa dan dilengkapi sebelum berangkat ke tujuan. Salah satu terpenting adalah hasil tes Covid-19 yang negatif dan diambil beberapa hari terakhir sebelum keberangkatan. Namun Anda tetap harus mengupdate, karena aturan kerap kali berubah-ubah agar ketika tiba tidak ditolak dan kembali dengan sia-sia.

2. Cek aturan karantina
Ini juga salah satu yang harus diketahui sebelum tiba di negara tujuan. Biasanya setiap negara memiliki waktu batasan karantina yang berbeda di Inggris, kembali dari bepergian, Anda harus karantina mandiri selama sepuluh hari. Ini akan berkurang jika sudah melakukan tes Covid dan menjadi lima hari hingga hasil menyatakan negatif.

3. Jalani tes
Untuk bepergian ke suatu negara, Anda harus melakukan tes dan mendapatkan hasil negatif. Baiknya pertimbangkan waktu tes dan jangan lupa anggarkan bila ada biaya tambahan. Tes ini dilakukan untuk menjaga agar Anda tetap terkontrol andaikata ketika tes lagi hasil yang didapat berbeda dari sebelum keberangkatan.

4. Bersikap fleksibel
Mungkin hal terbaik yang dapat Anda lakukan pada daftar periksa perjalanan Covid adalah merencanakan dengan fleksibel dalam segala hal yang lakukan. Aturan seputar karantina dan apa yang mungkin diminta negara lain dari Anda sebelum masuk dapat berubah secara cepat dan dramatis. Hampir dalam semalam, selama perjuangan Inggris dengan virus corona varian Inggris, negara-negara menutup perbatasan mereka untuk setiap pelancong dari Inggris Raya.

Oleh karena itu, yang terbaik adalah merencanakan hal terburuk yang terjadi dan berharap yang terbaik. Melakukan hal itu akan menghilangkan banyak tekanan yang berasal dari ketidakpastian saat memesan perjalanan ke luar negeri saat ini.

Baca juga: Aturan Baru, Singapura Wajibkan Semua Pesawat Punya Area Karantina di Dalam Kabin

5. Dapatkan asuransi
Terakhir, sangat penting untuk membeli asuransi perjalanan yang kuat sebelum Anda bepergian. Melakukan hal itu akan melindungi wisatawan dalam beberapa cara penting.
Pertama, kerugian finansial akan diminimalkan jika perjalanan harus dibatalkan di saat-saat terakhir. Asuransi perjalanan selalu merupakan ide yang baik untuk diambil sebelum Anda Covid mengangkat kepalanya yang buruk, tetapi itu sangat penting sekarang.

Covid secara material meningkatkan kemungkinan sesuatu menghentikan rencana perjalanan ke depannya. Membeli asuransi perjalanan memungkinkan para pelancong memesan liburan tanpa takut mereka berisiko kehilangan uang. Kedua, polis asuransi perjalanan yang baik harus memberikan dukungan finansial untuk setiap perawatan medis yang diperlukan saat berada di luar negeri. Biaya tersebut bisa tinggi terutama jika Covid terlibat mengingat berapa lama tinggal di rumah sakit saat melawan penyakit tersebut. Membeli asuransi perjalanan berarti biaya-biaya tersebut dan biaya pemulangan penderita Covid ke Inggris, tidak menjadi kekhawatiran atau risiko.

Leave a Reply