Friday, August 12, 2022
HomeAngkutan FerryAuckland Gunakan Ferry Listrik Mulai Tahun 2024

Auckland Gunakan Ferry Listrik Mulai Tahun 2024

Kapal ferry bertenaga listrik sebentar lagi akan digunakan oleh penumpang di Auckland. Bahkan pemerintah Selandia Baru sudah mengumumkannya sejak hari ini, Selasa (26/4/2022). Sebab dalam dua tahun ke depan yakni di tahun 2024, warga Auckland bisa menyeberangi pelabuhan dengan salah satu dari dua kapal ferry listrik tersebut.

Baca juga: Sungai Chao Phraya di Bangkok Kini Dilayani Kapal Ferry Bertenaga Listrik

Menteri Energi dan Sumber Daya Megan Woods mengatakan, ferry bertenaga listrik ini menjanjikan perjalanan yang lebih tenang. Selain itu, juga mengurangi polusi yang dihasilkan dari pembuangan mesin, sehingga bisa lebih bersih ketika melintasi layanan utama dalam dan pelabuhan tengah kota.

KabarPenumpang.com melansir dari laman 1news.co.nz (26/4/2022), ferry yang terbuat dari serat karbon tersebut dikembangkan oleh perusahaan EV Maritime yang berbasis di Auckland. Kapal ferry itu bisa melaju dengan kecepatan tertinggi sama seperti ferry berbahan bakar diesel modern yakni pada 25 knot. Tak hanya itu, ferry bertenaga listrik baru memiliki jangkaian 40 kilometer dan masing-masing dapat membawa 200 orang.

“Ferry hari ini menyumbang sekitar 20 persen dari emisi transportasi umum Auckland,” kata Woods.

Woods menambahkan, ferry listrik dijanjikan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, dengan setiap ferry listrik akan menghilangkan sekitar seribu ton emisi karbon setiap tahunnya. Nantinya kedua ferry listrik akan dioperasikan oleh Auckland Transport.

Operator diharapkan untuk mendanai infrastruktur pengisian di dermaga. Ini adalah sesuatu yang telah dikerjakan dengan perusahaan energi vector. Auckland Transport mengatakan, kedua ferry itu dapat membuka jalan bagi elektrifikasi lebih lanjut di masa depan.

Wood mengatakan Auckland Transport akan menerima hibah $27 juta dari Pemerintah, yang akan membayar sekitar tiga perempat dari biaya pembangunan dua ferry. Dana tersebut berasal dari dana pemulihan Covid-19.

Baca juga: E-Ferry Ellen Gunakan Sepenuhnya Tenaga Listrik dan Lebih Irit Ketimbang Ferry Diesel

Itu terjadi setelah Auckland melanjutkan proses transisi busnya dari diesel, dengan Auckland Transport berharap bisa memiliki armada bus bebas emisi pada tahun 2030 jika mendapat cukup dana. Layanan kereta komuter kota sebagian besar sudah menggunakan listrik.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru