Bagaimana sih Cara Kerja WiFi OnBoard? Cek Jawabannya di Sini!

0
Ilustrasi WiFi di dalam penerbangan

Masih hangat dalam ingatan saat askapai penerbangan berbiaya rendah Citilink yang merilis fitur WiFi onboard pada akhir tahun 2018 kemarin. Meski baru tersedia di satu pesawat, namun dengan hadirnya layanan ini, maka Anda tidak perlu lagi menghidupkan airplane mode selama Anda mengudara – Anda tetap bisa berkomunikasi dengan siapapun walaupun Anda tengah berada di ketinggian puluhan ribu kaki.

Baca Juga: Citilink Hadirkan Fitur WiFi Onboard Pada 2019 Mendatang!

“Ini semata untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami yang didominasi kelompok milenial digital di Indonesia,” ujar Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo, dikutip KabarPenumpang.com dari laman Detik.com (28/12/2018). Tertanggal 28 Desember 2018 kemarin, sudah ada satu armada Citilink rute Jakarta – Denpasar yang sudah terpasang fitur WiFi onboard yang menggunakan teknologi WiFi GX Aviation System.

Namun, bukan berarti dengan tersambungnya koneksi internet selama mengudara, Anda bisa dengan seenaknya melakukan panggilan suara. Peraturan semacam ini telah dibuat oleh Federal Aviation Administration (FAA) dan berlaku di Negeri Paman Sam. Namun tidak semua mengamalkan regulasi tersebut – sebut saja Virgin Atlantic dan Emirates yang tetap memperbolehkan penumpang untuk melakukan penggilan suara.

Terlepas dari semua itu, mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Bagaimana bisa sinyal internet memancar ke sebuah pesawat yang tengah mengudara di ketinggian 35.000 kaki?”

Guna menyederhanakan pertanyaan tersebut, ada dua cara agar sinyal internet mencapai perangkat Anda pada ketinggian 35.000 kaki. Yang pertama adalah melalui menara broadband seluler yang berbasis di darat, dimana menara ini akan mengirim sinyal ke antena pesawat.

Saat Anda melakukan perjalanan ke berbagai bagian wilayah udara, pesawat secara otomatis menghubungkan ke sinyal dari menara terdekat, sehingga (setidaknya secara teori) tidak ada gangguan pada penggunaan internet Anda. Tetapi jika Anda melewati perairan besar atau daerah terpencil, konektivitas bisa menjadi masalah.

Baca Juga: Garuda Indonesia Group Hadirkan WiFi Gratis Dalam Penerbangan Domestik

Lalu metode kedua bisa menggunakan teknologi satelit. Pesawat akan terhubung ke satelit di orbit geostasioner yang jaraknya sekitar 35.786 km dari bumi, yang mengirim dan menerima sinyal ke bumi melalui penerima dan pemancar. Ini adalah satelit yang sama yang digunakan dalam sinyal televisi, prakiraan cuaca, dan operasi militer rahasia. Informasi ditransmisikan ke dan dari ponsel cerdas Anda melalui antena di bagian atas pesawat, yang terhubung ke sinyal satelit terdekat.

Jadi, sekarang sudah paham kan bagaimana cara kerja dari fitur WiFi onboard yang belakanganini tengah ramai diperbincangkan?

Leave a Reply