Bagasi Cuma-cuma Hilang dari Penerbangan Domestik Lion Air, Bagaimana Reaksi Penumpang?

ilustrasi

Penumpang maskapai berbiaya hemat (LCC) Lion Air akan merasakan kekecewaan yang cukup besar. Pasalnya Lion Air Group menghapuskan pemberian bagasi cuma-cuma atau free baggage allowance pada penumpangnya mulai pembelian tiket tanggal 8 Januari 2019 hingga seterusnya.

Baca juga: Sering Naik Lion Air? Per 20 Desember 2018 Free Baggage Allowances Akan Dikurangi

Namun, bagi penumpang yang sudah issued tiket sebelum tanggal 8 Januari 2019 masih tetap mendapatkan 20 kg bagasi cuma-cuma. Dari pengumuman yang didapat KabarPenumpang.com, bagasi cuma-cuma ini akan ditiadakan bagi seluruh rute domestik atau dalam negeri.

Sehingga bagi calon atau penumpang maskapai terbesar di Indonesia tersebut yang membawa bagasi bisa melakukan pembelian voucher bagasi (prepaid baggage) melalui travel agent, website LIon Air atau kantor pejualan Lion Air Group. Pembelian voucher bagasi sendiri bisa dibeli sebelum atau sesudah issued tiket.

Biaya voucher bagasi sendiri akan lebih murah dibandingkan kelebihan bagasi (excess baggage) di bandara. Tak hanya itu, pembelian juga bisa dibeli enam jam sebelum keberangkatan. Harganya pun cukup lumayan dimana per 5 kg akan dikenakan Rp180 ribu, 10 kg dikenakan Rp360 ribu, 15 kg senilai Rp540 ribu dan 20 kg hingga Rp720 ribu.

Padahal sebelumnya Lion Air mengumumkan akan mengurangi berat bagasi yang dibawa penumpang yakni dari 20 kg menjadi sepuluh kilogram. Maskapai Wings Air juga mengalami penurunan berat bawaan gratis penumpang dimana sebelumnya sepuluh kilogram kini menjadi hanya lima kilogram saja. Sedangkan untuk maskapai Batik Air tidak ada perubahan terkait berat bagasi yakni tetap 20 kg.

Hal ini, nantinya membuat penumpang hanya bisa membawa bagasi dalam kabin bila tidak ingin membayar bagasi kargo untuk barang yang dibawa. Bila dibandingkan dengan maskapai berbiaya hemat lainnya seperti Citilink dan AirAsia, FBA milik maskapai Lion Air dan Wings Air lebih rendah.

Baca juga: Peluang Pendapatan Baru, LCC Mulai Kenakan Biaya Untuk Bagasi Kabin

Citilink saat ini memberikan FBA pada penumpangnya yakni 20 kg. AirAsia Sendiri 15 kg untuk domestik dan penerbangan internasional 20 kg. Sedangkan untuk barang bawaan di dalam kabin, setiap maskapai hanya memperbolehkan penumpang membawa barang dengan berat tujuh kilogram. Bahkan maskapai Scoot pun memberikan FBA untuk penumpangnya 20 kg.

Apakah dengan adanya penghilangan bagasi cuma-cuma rute domestik akan berpengaruh pada jumlah penumpang?