Bakal Hubungkan Rusia dan Cina, Inilah Kereta Gantung Lintas Negara Pertama di Dunia

(newatlas.com)

Kereta gantung atau cable car yang ada saat ini hanya menghubungkan satu tempat yang dekat dan biasanya berada di area taman hiburan untuk memudahkan pengunjung melihat sekeliling tampat tersebut. Namun bagaimana jadinya jika kereta gantung ini melintas batas untuk memindahkan penumpang dari satu negara ke negara lain?

Baca juga: Biara Tatev, Sajikan Kereta Gantung Double Track Non-Stop Terpanjang di Dunia

Dalam pikiran mungkin ini hanya rencana yang bisa terjadi dan tidak. Namun nyatanya kereta gantung internasional pertama di dunia sudah direncanakan untuk menghubungkan dua negara yang hanya dipisahkan sebuah sungai yakni Rusia dan Cina.

(newatlas.com)

KabarPenumpang.com melansir laman newatlas.com (1/8/2019), rencana ini didapat setelah adanya kompetisi arsitektur internasional yang diikuti UN Studio. Mereka dipilih untuk merancang terminal kereta gantung baru di Rusia dengan asumsi semua dapat berjalan sesuai rencana dimana proyek digambarkan sebagai mobil kabel lintas batas pertama di dunia oleh perusahaan.

Kereta gantung ini sendiri akan terhubung dengan mitra di Cina yang mana akan menyediakan perjalanan cepat antar dua negara itu. Terminal gantung yang di bangun di Rusia letaknya di Blagoveshchensk yang akan melibatkan Strelka KB dan lokasi ini berada disebelah Sungai Amur.

Sungai Amur ini sendiri mengalur di antara kota Blagoveshchensk dan Heihe di Cina (bagian sisi proyek yang dipilih). Dalam rancangannya kereta gantung akan terdiri dari dua jalur dengan menjalankan empat kabin yang masing-masingnya mampu menampung 60 penumpang.

Selain itu juga ada ruang bagasi untuk barang bawaan penumpang. Jarak antar Blagoveshchensk, Rusia ke Heihe, Cina yang dipisahkan Sungai Amur hanya 3,2 km dan memakan waktu sekitar tujuh setengah menit.

“Sistem kereta gantung menyediakan bentuk baru angkutan umum yang berkelanjutan, sangat cepat, dapat diandalkan, dan efisien. Meskipun terutama solusi pragmatis, kereta gantung juga merupakan cara yang sangat menyenangkan untuk bepergian karena memungkinkan kita untuk melihat dan mengalami kota-kota kita dengan cara yang sama sekali baru,” kata Ben Studio Berkel dari UN Studio.

Dia mengatakan, ketika melintasi perbatasan alami Sungai Amur, kereta gantung Blagoveshchensk – Heihe akan menjadi sistem kereta gantung pertama yang bergabung dengan dua negara dan budaya. Konteks ini memberikan inspirasi yang kaya untuk stasiun terminal Blagoveshchensk, yang tidak hanya merespons ke lokasi perkotaan langsung, tetapi juga menjadi ekspresi identitas budaya dan podium untuk percampuran budaya.

UN Studio mengatakan, desain bangunan terminal itu sendiri terinspirasi oleh pembekuan Sungai Amur secara teratur. Ini akan mencakup platform tontonan yang ditinggikan yang menawarkan pemandangan Amur menuju Heihe, titik pandang lainnya, taman atap, restoran atau pusat konferensi dan area keamanan seperti bandara.

Baca juga: Ngong Ping 360 – Berani Uji Adrenalin di Kereta Gantung Terpanjang di Dunia?

“Kami belum memiliki kabar tentang tanggal penyelesaian yang direncanakan, tetapi UN Studio memberi tahu kami bahwa pekerjaan di Terminal Kereta Gantung Blagoveshchensk diperkirakan akan dimulai dengan sungguh-sungguh tahun depan,” kata UN Studio.