Biara Tatev, Sajikan Kereta Gantung Double Track Non-Stop Terpanjang di Dunia

0
Biara Tatev. Sumber: Wikipedia

Terkenal sebagai salah satu ikon agama Katolik, biara – terutama yang sudah tua, menawarkan sejuta potensi untuk masuk ke dalam situs pariwisata. Identik dengan bangunan kuno tanpa cat, ditambah struktur bangunan yang mempertahankan pakem arsitektur tempo doeloe, menjadikan biara sebagai obyek yang sayang jika tidak diabadikan oleh mata lensa.

Baca Juga: Ngong Ping 360 – Berani Uji Adrenalin di Kereta Gantung Terpanjang di Dunia?

Nah, diantara semua biara yang tersebar di seluruh dunia, ada satu yang paling terkenal diantara yang lainnya – Biara Tatev. Terletak di Armenia, salah satu situs perjalanan wisata, TripAdvisor.com bahkan menyebut Biara Tatev sebagai permata Armenia. Jadi penasaran ya, keindahan apa saja yang ditawarkan oleh biara yang terletak di dataran tinggi basal dekat desa Tatev di Provinsi Syunik di tenggara Armenia ini?

Dilansir KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Biara Tatev ini sendiri merupakan peninggalan dari kaum Oriental Ortodoks Armenia pada sekitar abad ke-9. Biara Tatev juga dikenal sebagai kedudukan Keuskupan Syunik dan memainkan peran penting dalam sejarah daerah sebagai pusat kegiatan ekonomi, politik, spiritual dan budaya.

Tidak berhenti sampai di situ, pada abad ke-14 dan ke-15, Biara Tatev menjadi ‘tuan rumah’ salah satu universitas asal Armenia abad pertengahan yang memegang peranan penting, Universitas Tatev, yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan, agama dan filsafat, reproduksi buku dan pengembangan lukisan miniatur.

Wings of Tatev. Sumber: Wikipedia

Nah, semisal Anda berkesempatan untuk mengunjungi Biara Tatev, jangan lewatkan kesempatan untuk menjajal wahana aerial tramway terpanjang di dunia, Wings of Tatev. Moda transportasi yang menyerupai sebuah gondola ini memiliki panjang lintasan sekitar 3,5 mil atau yang setara dengan 5,7 km. Wings of Tatev ini sendiri menghubungkan Biara Tatev dengan Halidzor – sebuah perkampungan kecil di Provinsi Syunik, Armenia.

Selain mendapat predikat sebagai aerial tramway terpanjang di dunia, moda yang rampung pada 16 Oktober 2010 ini pun mengantongi gelar kereta kabel double track non-stop terpanjang. Perjalanan dengan menggunakan Wings of Tatev akan memangkas waktu perjalanan selama kurang lebih 28 menit antara kedua belah titik (butuh waktu sekitar 40 menit jika ditempuh dengan menggunakan moda darat).

Baca Juga: Eksis Sejak 1975, Indonesia Canangkan Bangun Jalur Kereta Gantung Terpanjang

Hamparan pegunungan hijau akan mendominasi pelupuk mata selama 12 menit perjalanan antara Biara Tatev dan Halidzor. Berkapasitas 30 orang penumpang plus satu pendamping, Wings of Tatev tercatat mampu mengakomodasi sekitar 240 penumpang setiap jamnya, dengan titik paling tinggi mencapai 320 meter di atas permukaan tanah!

 

 

Leave a Reply