Peringati Hari Kemerdekaan, Indian Railways Hadirkan “Museum Digital” di 22 Stasiun

(www.financialexpress.com)

Biasanya museum merupakan sebuah bangunan yang berisikan barang-barang dan memuat gambar atau film pendek tentang masa lalu baik itu tentang suatu kota atau peristiwa besar. Tapi apa jadinya jika museum tersebut merupakan museum digital yang hadir di beberapa stasiun untuk memberikan pengetahuan tentang kereta api India.

Baca juga: Lukisan Dinding Ramaikan 100 Stasiun di India

Baru-baru ini untuk memperingati hari Kemerdekaan India, Indian Railways, akan menghadirkan museum model terbaru mereka yakni museum digital. Museum digital tersebut diluncurkan oleh Kementerian Kereta Api dan akan hadir di 22 stasiun besar India pada Hari Kemerdekaan.

KabarPenumpang.com melansir dari laman financialexpress.com (12/8/2018), kehadiran museum digital ini sendiri dalam upaya untuk membuat masyarakat India sadar akan warisan yang kaya dari Indian Railways. Seorang pejabat Kementerian kereta api India dari Departemen Heritage mengatakan, proyek ini sendiri sedang dicoba pada basis stasiun percontohan.

Nantinya ini akan menunjukkan warisan Indian Railways melalui klip film selama satu hingga dua menit di layar LED digital yang berada di pintu masuk stasiun dan zona nyaman penumpang. Pemutaran pada platform sendiri akan dihindari demi membuat nyaman penumpang dan tidak membuat kerumunan yang tidak diperlukan.

“Melalui film-film pendek, kereta api akan menunjukkan bangunan-bangunan warisan, lokomotif warisan dan banyak lagi yang akan membuat orang-orang sadar akan warisan kaya yang dibawa oleh Kereta Api India,” ujar pejabat kementerian tersebut.

Dia mengatakan, dalam pengaturan yang dilakukan saat ini, belum ada biaya tambahan pada proyek tersebut. Sebab pihak kementerian baru memanfaatkan LED yang ada di stasiun untuk menampilkan film-film pendek itu.

Pejabat kementerian tersebut juga mengatakan, bahwa langkah tersebut awalnya datang dari latar belakang penolakan dari Kantor Perdana Menteri untuk membuat museum kereta baru.

Baca juga: Museum Kereta Api Bondowoso, Saksi Sejarah Gerbong Maut Pengangkut 100 Pejuang Kemerdekaan

“Saat ini, museum digital dipajang di stasiun seperti Jaipur, Agra Cantonment, Erode, Katihar dan lain-lain,” ujarnya.

Tahun 2017 kemarin tepatnya pada bulan November, Menteri Kereta Api Piyush Goyal selama kunjungannya ke Chhatrapati Shivaji Maharaj Terminus, yang juga merupakan situs warisan dunia, telah mengumumkan untuk mengubah stasiun kereta yang sibuk ini menjadi museum kelas dunia.