JR East Kampanyekan Penggunaan Eskalator Bagi Penumpang

JR East bagikan selebaran kampanye penggunaan eskalator (japantimes.co.jp)

Kecelakaan di eskalator kerap kali terjadi, bahkan hingga membuat penggunanya meninggal, seperti keelakaan di eskalator stasiun. Hal ini kemudian membuat East Japan Railway (JR East) meluncurkan kampanye keselamatan menggunakan eskalator di stasiun-stasiunnya.

Baca juga: Akibat ‘Diseruduk’ Koper Besar, Penumpang Kereta Bawah Tanah Ini Cedera Serius

KabarPenumpang.com melansir dari laman japantimes.co.jp (23/7/2018), peluncuran kampenye ini dikarenakan tahun 2017 kemarin sebanyak 180 kecelakaan terjadi pada eskalator yang menyebabkan luka bahkan beberapa tewas karena hal tersebut. Adanya kampanye ini ternyata karena pertama kalinya perkeretaapian mengungkapkan penghitungan kecelakaan di eskalator.

Kampanye ini menyerukan agar penumpang menggunakan pegangan tangan dan ini akan dikampanyekan lebih dari 50 jalur kereta api di seluruh Jepang hingga akhir Agustus 2018 ini. Karyawan JR East di Stasiun Tokyo pada hari Senin (23/7/2018) terlihat membagikan selebaran yang meminta komuter untuk menggunakan pegangan tangan.

“Kami harus memastikan tidak ada kecelakaan yang terjadi sehingga penumpang bisa sampai ke tujuan tanpa masalah. Kami meminta pengertian dan kerja sama mereka, ”kata Yuya Mochitate, seorang pejabat JR East yang bertanggung jawab atas kampanye eskalator.

Diketahui, adapun pada Juni 2008 lalu, seorang pria mabuk terjatuh dari eskalator di Stasiun Shinbashi di Tokyo. Kemudian Maret 2009, seorang wanita berusia 50-an meninggal karena syalnya menyangkut di eskalator dan menjerat lehernya di Stasiun Mito di Prefekur Ibaraki.

Desember 2010 lalu, orang-orang terjatuh seperti domino di Yokohama ketika seorang wanita naik eskalator di Stasiun Hodogaya dan tiba-tiba terjatuh kebelakang saat akan sampai di atas dan menyebabkan empat orang lainnya jatuh hingga membuat luka di punggung dan lutut mereka.

Baca juga: Di India, Pengguna Lift dan Eskalator Mendapat Perlindungan Asuransi

Di Cina beberapa waktu lalu, seorang wanita 50 tahun terjatuh karena terseruduk koper yang terlepas dari pemilikinya. Saat itu wanita tersebut tengah melihat ponsel dan tak sadar akan koper besar yang meluncur bebas.

Atas kejadian ini, wanita tua itu dibawa ke rumah sakit karena terluka di bagian kepala dan tangan. Padahal pelarangan membawa barang besar dengan eskalator sudah ada dan harus menggunakan lift.