Thursday, May 30, 2024
HomeDestinasiBaker Street - Beroperasi Sejak 1863, Inilah Stasiun Kereta Bawah Tertua di...

Baker Street – Beroperasi Sejak 1863, Inilah Stasiun Kereta Bawah Tertua di Dunia

Ketika jaringan kereta bawah tanah di London disebut sebagai yang tertua di dunia, maka jika ada yang bertanya, dimana stasiun kereta bawah tanah tertua di dunia? Maka jawabannya pasti juga ada di London. Sejarah mencatat, bahwa jaringan kereta bawah tanah di London yang disebut Tube, pertama kali dibuka pada 10 Januari 1863 dengan melayani tujuh pemberhentian (stasiun).

Baca juga: London Banjir, Stasiun Kereta Bawah Tanah Tak Bisa Beroperasi

Jalur itu melewati pemberhentian Edgware Road, Baker Street, Portland Road, Gower Street, dan King’s Cross Street. Jarak 3,75 mil atau sekitar 6 kilometer selama 18 menit. Jaringan Tube di London yang dibuka tahun 1863 berpusat di Stasiun Baker Street, dan jadilah saat ini Baker Street dikenal sebagai stasiun bawah tanah tertua di dunia.

Stasiun Baker Street berlokasi di persimpangan Baker Street dan Marylebone Road di Westminster. Stasiun ini sangat populer, salah satunya karna dekat dengan empat-tempat wisata seperti Regent’s Park, Lord’s Cricket Ground, Museum Sherlock Holmes, dan Madame Tussauds.

Dari sejarahnya, Baker Steet dan London Tube hadir karena didorong meledaknya populasi penduduk dan perluasan fisik kota London pada paruh pertama abad ke-19. Jalan-jalan yang padat dan jarak ke kota dari stasiun ke utara dan barat mendorong banyak upaya untuk membangun akses transportasi baru yang bebas macet.

Pembangunan diawali pada 1860 oleh perusahaan Metropolitan Railway Company. Terowongan dibuat dengan metode ‘cut and cover’. Parit dalam digali, lalu dinding bata dibangun untuk menguatkan terowongan, kemudian akhirnya ditutup dengan lengkungan batu bata dan atap beton, di mana jalan-jalan di atasnya dapat ditata kembali.

Meski itu dianggap opsi yang paling layak dan tak merusak, sekitar 900 rumah, kebanyakan tak permanen, telah digusur selama pembangunan.

Rencana peresmian jalur kereta bawah tanah sempat terkendala banjir saluran air kotor. Hingga akhirnya pada Sabtu 10 Januari 1863, London Underground dibuka pukul 06.00. Gerbong kelas satu memiliki kompartemen lega, kursi dengan sandaran lengan. Sementara kelas dua dilengkapi kursi berlapis kulit yang nyaman. Lampu gas menyala di semua gerbong, paling terang di kelas 1 yang mahal. Namun, saat kereta bergerak, lampu itu berkedip cepat, terganggu oleh angin.

Baca juga: Kennington, Stasiun Bawah Tanah Unik dengan Fasilitas “U-Turn” 

Saat ini London Tube memiliki 11 jaringan kereta yang menghubungkan berbagai wilayah di London dan sekitarnya. Saat ini, kereta bawah tanah London mengangkut sekitar 3,5 juta penumpang per hari atau sekitar 1,1 miliar setiap tahunnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru