Ban Towing Car di Bandara Internasional Hong Kong Meledak, Nyaris Hantam Petugas Ground Handling

Sumber: istimewa

Sebuah video yang diambil dari Bandara Internasional Hong Kong belakangan ini tengah menjadi bahan perbincangan publik. Alih-alih menunjukkan proses take-off atau landing yang mengesankan dari berbagai maskapai yang ada di sana, tapi video berdurasi singkat tersebut menunjukkan sebuah towing car yang mengalami pecah ban ketika tengah beroperasi. Hal lain yang lebih membuat video ini semakin ramai diperbincangkan adalah eksistensi dari petugas ground handling yang berada begitu dekat dengan ban yang meledak tersebut.

Baca Juga: Insiden Landing Gear Boeing 737-800 SpiceJet, Drama Pendaratan Darurat Yang Dramatis!

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman scmp.com (7/2/2019), sebuah rekaman CCTV menunjukkan detik-detik meledaknya ban dari towing car tersebut. Dalam video berdurasi kurang dari 10 detik tersebut tampak sebuah towing car berwarna putih yang tengah mendorong sebuah pesawat menuju taxiway. Namun baru beberapa meter mobil tersebut jalan, tampak ban depan sebelah kanan mobil meletus. Saking kuatnya letusan tersebut, ban dari towing car ini sampai terpental ke arah garbarata yang terletak di sebelah kanan mobil tersebut.

Diketahui, maskapai yang tengah didorong oleh towing car ini adalah maskapai Hong Kong Airlines dengan nomor penerbangan HX628. Maskapai ini sendiri hendak bertolak menuju Seoul, Korea Selatan pada hari Selasa (5/2/2019) sekira pukul 10.00 waktu setempat. Di dalam video tersebut pula tampak seorang petugas ground handling yang berada tidak jauh dari jalur lontaran ban towing car.

Menurut otoritas Bandara Internasional Hong Kong, ban dari towing car tersebut terpental sekira 10m jauhnya, dan beruntung, insiden ini tidak menyita korban, baik nyawa maupun luka.

Sumber: yahoo

“Anda dapat melihat bahwa ban meledak ke arah petugas ground handling bandara. Ini merupakan prosedur standar bagi para petugas ground handling untuk mengikuti proses towing dan berdiri di dekatnya (towing car) untuk memastikan pesawat memiliki ground clearance yang cukup dari pesawat dan kendaraan lain,” ujar anggota parlemen dari Partai Sipil, Jeremy Tam Man-ho.

Baca Juga: Ini Dia, Para Pekerja Ground Support System di Bandara

“Jika petugas ground handling tersebut terhantam ban, maka ia akan berada di dalam rumah sakit dalam waktu yang cukup lama,” tandasnya.

Atas insiden ini, pemberangkatan Hong Kong Airlines dengan nomor penerbangan HX628 sempat mengalami penundaan selama 42 menit, dan secara keseluruhan, tidak ada operasi yang terdampak atas insiden ini.