Bandara Changi Buka Jalur Sepeda ke East Coast Park, Eh.. Ada Dinosaurus

0
Jalur sepeda Bandara Changi dengan East Coast Park (straitstimes.com)

Meski tengah mendapat tekanan berat akibat merosotnya pendapatan akibat pandemi Covid-19, rupanya Otoritas Pengelola Bandara Changi tak lantas jadi kendor untuk memajukan pelayanan di bandara tersibuk di Asia tersebut. Belum lama ini Bandara Changi menghadirkan sesuatu hal yang berbeda yakni adanya replika dinosaurus di sepanjang jalur sepeda. Jalur ini baru dibuka dan akan menghubungkan Bandara Changi dengan East Coast Park, sehingga memungkinkan pengunjung yang bersepeda atau berjongging ke bandara untuk pertama kalinya.

Baca juga: Pandemi Tak Kunjung Berakhir, Bandara Changi Mulai Hadapi Masa Sulit

KabarPenumpang.com mengutip dari straitstimes.com (11/10/2020), replika dinosaurus tersebut berada di rute dengan panjang 3,5 km. Ada sekitar 20-an replika dinosaurus dari Tyrannosaurus Rex atau disebut T-Rex dengan tinggi menjulang hingga trio velociraptors.

trio velociraptors di jalur sepeda Bandara Changi (straitstimes.com)

Dikatakan oleh Changii Airport Group atau CAG, jalur baru ini akan menawarkan rute alternatif menuju ke bandara. Selain itu, jalur tersebut menjadi pilihan rekreasi baru bagi warga Singapura. CAG menambahkan, dibukanya Changi Airport Connector mebuat bandara kini terhubung dengan Park Connector Network yang lebih besar di timur seperti Changi Beach Park dan Bedok Rservoir.

Sebelumnya, jalur pejalan kaki ke bandara yang paralel dengan jalan Airport Boulevard tidak tersedia. Proyek ini memakan waktu sekitar tiga tahun dari konseptualisasi hingga penyelesaian, dan dilakukan dengan dukungan dari National Parks Board dan Singapore Tourism Board. Menteri Transportasi Ong Ye Kung meresmikan pembukaan konektor pada hari Minggu di awal Changi Jurassic Mile, setelah dia bersepeda dari East Coast Park. Untuk diketahui, sejauh satu kilometer, akan ada pameran replika dinosaurus dan jalur ini gratis dilintasi.

Namun pada hari Jumat hingga Minggu, pengunjung harus melakukan pemesanan sebelum diizinkan masuk dari jam 09.00 pagi hingga tengah malam. Hal ini karena persyaratan jaga jarak yang aman. Untuk memudahkan pendaftaran, pengunjung bisa melakukan pemesanan Changi Jurassic Mile di website mulai Minggu.

Bila pengunjung tidak membawa sepeda, bisa menyewangan dengan harga $8 per jam untuk sepeda dewasa di halte dekat Terminal 2. Ini dapat dikembalikan ke outlet GoCycling lainnya seperti yang ada di East Coast Park, Changi Beach Park, dan Punggol Park. Selain itu juga ada kafe baru, bernama Hub & Spoke, menawarkan makanan lokal dan barat, dengan pilihan tempat makan di luar ruangan. Buka dari jam 07.30 pagi sampai 9.30 malam setiap hari waktu setempat.

Jayson Goh, direktur pelaksana CAG untuk manajemen operasi bandara mengatakan niatnya adalah untuk menghubungkan Bandara Changi dengan East Coast Park dan Jaringan Penghubung Taman Singapura lainnya untuk kepentingan komunitas bandara dan penduduk setempat.

“Unsur-unsur pengalaman baru yang disuntikkan di sepanjang Changi Jurassic Mile akan menawarkan rasa petualangan dan kejutan kepada semua orang yang berkunjung. Dengan Konektor Bandara Changi, kami berharap dapat memberi pengunjung pengalaman bandara yang berbeda,” katanya.

Jaryl Sim, pemilik kafe Hub & Spoke, mengatakan awalnya dia tidak tertarik ke lokasi tersebut tahun lalu, tetapi dibujuk setelah mengetahui rencana untuk mengembangkan daerah tersebut. Dia mengatakan, saat ini, sekitar setengah dari pelanggan kafe yang dibuka pada 12 Agustus adalah staf bandara.

“Dengan dibukanya penghubung dan semakin banyaknya operasi bandara yang dilanjutkan, kami berharap akan ada peningkatan pelanggan di masa depan, termasuk wisatawan,” kata Sim.

Baca juga: Bantu Petugas dan Penumpang, Bandara Changi Operasikan 47 Unit Robot

Konsultan manajemen acara Chan Kok Meng, 43, berada di Jurassic Mile bersama keluarganya yang terdiri dari empat orang, termasuk dua anak laki-laki, tujuh dan lima.

“Kami tidak punya pilihan – anak kami ingin kami membawanya ke sini lagi karena dia ingin membuat sketsa dinosaurus,” kata Chan.

Leave a Reply