Bantu Petugas dan Penumpang, Bandara Changi Operasikan 47 Unit Robot

0
Robot LeoScrub di Bandara Changi (straitstimes.com)

Berbagai keindahan ditawarkan oleh Bandara Internasional Changi Singapura. Sebab Bandara Jewel Changi dilengkapi dengan air terjun indoor, berbagai macam taman dan area hiburan. Tak hanya bisa dinikmati oleh para pelancong yang tiba, berangkat atau transit, tetapi bagi pengunjung yang tidak terbang pun bisa merasakannya.

Baca juga: Sambut New Normal, Bandara Changi Kerahkan Robot Pembersih dan Toilet Tanpa Kontak

Ternyata tak hanya itu, Bandara Changi kini juga melengkapi diri dengan menghadirkan berbagai macam robot yang bisa membantu petugas dan penumpang untuk mendapat pengalaman yang lebih baik. Salah satunya robot yang membantu membersihkan genangan di lantai basah karena cipratan air terjun indoor dengan ketinggian 40 meter.

Dilansir KabarPenumpang.com dari straitstimes.com (2/9/2020), ada dua robot tak kenal lelah yakni robot LeoScrub milik Jewel. Kedua robot ini merupakan besutan perusahaan lokal LionBots Internasional dan bagian dari armada otomatis yang terus berkembang untuk membantu menjaga Bandara Changi setiap harinya.

Robot pembersih LeoScrub sendiri merupakan bagian dari 47 robot di Jewel dan Terminal bandara. Tak hanya itu, robot tersebut juga semakin sering dipanggil untuk berinteraksi dengan pengunjung dalam berbagai cara.

LeoScrub dilengkapi dengan kode QR pada bagian dada kirinya dan pengunjung bisa memindai dengan ponsel mereka untuk membuka menu dengan pertanyaan yang dapat mereka ajukan pada robot. Selain itu, dengan kode QR ini juga, pengunjung bisa meminta robot untuk bernyanyi. Selain robot pembersih, Jewel juga memiliki robot pramutamu yang akan digunakan pada akhir tahun ini.

“Penggunaan robot telah membantu meringankan tugas yang lebih melelahkan dari staf kami, serta tugas mitra kami, di Jewel,” kata kepala pengalaman pengguna Jewel Changi Airport, Kelvin Tan.

Kelvin menambahkan bahwa staf telah mampu bekerja lebih cerdas dan produktif. Di mana petugas kebersihan biasanya berkeliling sekali sehari untuk mengumpulkan sampah dari setiap toko di Jewel. Ini bisa memakan waktu satu setengah jam hanya untuk satu tingkat mall.

Tetapi empat robot LeoPull yang merupakan saudara robot LeoScrub sudah menangani pengumpulan sampah di lantai ketiga Jewel dan akan ada yang lebih banyak lagi pada akhir tahun. Setiap LeoPull menarik tempat sampah besar yang disesuaikan dan akan berhenti di depan setiap toko dan membunyikan bel untuk memberi tahu penyewa tentang kedatangannya.

Ini sepenuhnya dilakukan sendiri, karena telah diprogram dengan rutenya. Serangkaian sensor juga membantu robot menghindari rintangan dan orang serta memberi tahu operatornya apa yang akan dilakukannya pada satu titik. Meski begitu operator juga dapat memberikan instruksi, jika diperlukan, melalui aplikasi.

Meskipun mereka mungkin menarik perhatian, LeoScrubs dan LeoPulls bukanlah robot paling populer di Bandara Changi. Perbedaan itu adalah milik robot Delight setinggi 1,3m, yang berkeliling di sekitar Jewel’s Canopy Park dua kali sehari, menawarkan kepada pengunjung minuman botol dan permen gratis.

Baca juga: Ssstt..! Ada Robot Polisi Lalu Lintas di Bandara Changi

“Robot Delight telah terbukti sangat populer sejak Canopy Park dibuka tahun lalu. Ini diprogram untuk mengikuti rute yang ditetapkan. Tapi kita juga bisa memicunya secara manual untuk kembali saat minuman habis,” kata eksekutif pengalaman pengguna Jewel Changi Airport, Euguene Tan, yang merupakan bagian dari tim yang mengawasi robot Jewel.

Leave a Reply