Bandara Gatwick dan Heathrow Hadirkan Teknologi Anti Drone

Drone Mavic Air Dji(Cnet)

Sebentar lagi Bandara Heathrow dan Gatwick di London akan menerapkan peralatan anti drone dengan standar militer. Kehadiran teknologi anti drone tersebut untuk menangani munculnya penerbangan drone ilegal di dekat lapangan udara yang bisa mengganggu lalu lintas penerbangan di dua bandara internasional tersebut.

Baca juga: Dua Drone Misterius Hantui Bandara Gatwick London, Ratusan Penerbangan Terpaksa Dibatalkan

“Keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas utama kami. Bekerja sama dengan pihak berwenang terkait termasuk polisi Metro, kami terus mencari teknologi terbaik yang membantu menghilangkan ancaman drone,” ujar juru bicara Bandara Heathrow yang dikutip KabarPenumpang.com dari airport-technology.com (7/1/2019).

Teknologi anti drone tersebut nantinya akan mampu mendeteksi sistem udara tak berawak setelah angkatan bersenjata baru-baru ini menarik sistem pendeteksian mereka di Bandara Heathrow. Sekretaris Transportasi Inggris, Chris Grayling yang bertemu dengan kepala polisi untuk membicarakan terkait penerangan dan pertahanan serta strategi masa depan untuk menghindari drone asing di dekat bandara.

Saat ini, Pemerintah Inggris telah membatasi drone untuk terbang dalam radius satu kilometer dari bandara. Diketahui, sebanyak 140 ribu penumpang dan seribu penerbangan mengalami batal berangkat pada liburan Natal 2018 kemarin. Hal tersebut dikarenakan penampakan drone misterius yang terjadi pada Rabu (19/12/2018) pukul 21.00 waktu setempat.

Awalnya dua drone terlihat terbang di dekat landasan dan penerbangan mau tak mau harus ditangguhkan. Kemudian pihak bandara mulai berusaha membuka kembali secara singkat sekitar jam 03.00 pagi tetapi kembali tutup karena 45 menit kemudian ada drone yang mendekati bandara. Pada Kamis tengah hari, setelah ditemukan drone kembali, bandara akhirnya tutup.

Diketahui dari seorang wartawan yang berada di lokasi mengatakan, drone selalu muncul setiap otoritas bandara mencoba untuk membuka kembali penerbangan. Bahkan kekacauan ini berlanjut hingga esok hari dan pihak bandara mengatakan kepada penumpang untuk tidak datang. Akibat drone misterius, pihak militer Inggris dipanggil untuk membantu dan mengerahkan peralatan khusus dalam menangani situasi tersebut.

Baca juga: Diduga Menabrak Drone, Hidung Boeing 737-800 Aeromexico Penyok Parah!

Ini membuat mimpi buruk perjalanan puluhan ribu penumpang yang terbang dari Bandara Gatwick untuk berlibur. Ini adalah jenis kekacauan yang serius dan telah isu ini telah diperingatkan para pakar keamanan selama bertahun-tahun. Fakta bahwa hanya satu atau dua pesawat tak berawak yang mampu sepenuhnya menutup bandara terbesar kedua di Inggris mungkin tampak memukau bagi kebanyakan orang, tetapi situasi yang tepat yang diingatkan oleh pakar keamanan dapat terjadi selama bertahun-tahun.