Diduga Menabrak Drone, Hidung Boeing 737-800 Aeromexico Penyok Parah!

Sumber: bloomberg

Area di sekitar landas pacu haruslah steril dari apapun. Jika tidak, nasibnya akan berakhir seperti maskapai Aeromexico yang dikabarkan mengalami benturan dengan sebuah drone sesaat sebelum pesawat landing di Tijuana, Rabu (12/12/2018) kemarin. Adapun imbas dari kejadian ini adalah bagian hidung pesawat Boeing 737-800 penyok parah dan harus diperbaiki secepat mungkin agar armada Aeromexico ini bisa kembali mengudara.

Baca Juga: Audi Pop.Up Next – Terhambat Regulasi, Baru Akan Dirilis 10 Tahun Lagi

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari laman bloomberg.com (14/12/2018), Perusahaan induk Meksiko terutama bergerak dalam penyediaan layanan transportasi kargo penumpang dan udara, Grupo Aeromexico SAB kini tengah melakukan investigasi mendalam terkait insiden ini.

Sebelumnya, armada Aeromexico dengan nomor penerbangan 773 ini bertolak dari Guadalajara. Dalam rekaman kabin, terdengar seperti sebuah ledakan yang cukup keras sesaat sebelum pesawat touchdown di Tijuana.

“Penyebab pastinya masih diselidiki,” tutur pihak Aeromexico dalam sebuah pernyataan tertulis. “Pesawat mendarat dengan normal dan keseluruhan penumpang dan awak kabin tidak mengalami cidera,” tandasnya.

Setelah sebelumnya bird strike menjadi momok menakutkan bagi para pilot, kini dengan menjamurnya drone, maka hal ini menjadi kekhawatiran baru bagi para penerbang. Dapat Anda bayangkan bagaimana jadinya jika sebuah drone yang notabene dikendalikan oleh orang dari darat dapat mengakibatkan satu pesawat yang berisi penumpang penuh mengalami kecelakaan. Sangat mengerikan, bukan?

Kekhawatiran sektor aviasi global akan teknologi drone ini berbuntut pada pelarangan penggunaan drone di jalur penerbangan di sejumlah negara. Hal ini nantinya akan didukung oleh regulasi yang mengatur tentang drone, sehingga jutaan drone yang sudah dibeli di seluruh dunia dapat dikontrol penggunaannya. Terlepas dari ini semua, masih banyak orang di luar sana yang tidak paham dan tidak mau mencari tahu tentang bahayanya menerbangkan drone sembarangan.

Baca Juga: Bird Strike! Masih Jadi Momok Menakutkan dalam Dunia Penerbangan

Kembali pada kasus Aeromexico ini, dapat di lihat pada foto di atas, dimana bagian hidung dari armada ini mengalami kerusakan yang cukup parah. Tidak diketahui berapa lama proses reparasi yang dibutuhkan untuk membetulkan kerusakan semacam ini, namun dengan mengedepankan alasan keselamatan, pihak Aeromexico tidak akan mengoperasikan pesawat ini terlebih dahulu sampai kondisinya sudah laik terbang.