Bandara Helsinki Hadirkan Toilet Khusus Hewan Peliharaan Penumpang

0
Toilet hewan peliharaan di Bandara Helsinki

Tak hanya manusia yang membutuhkan toilet, tetapi hewan peliharaan pun juga sama. Bahkan baru-baru ini Bandara Internasional Helsinki-Vantaa di Finlandia meluncurkan fasilitas toilet untuk hewan peliharaan yang dibawa penumpang.

Baca juga: Kongres Bantu FAA Pertimbangkan Aturan Jarak Kursi, Hewan Peliharaan dan Jumlah Toilet di Pesawat

Peluncuran toilet hewan peliharaan tentu ada alasannya, dimana menurut data, di Bandara Helsinki lebih dari sepuluh ribu anjing bepergian dengan pemiliknya setiap tahun. Operator bandara Finavia mengatakan puluhan ribu anjing setiap tahunnya membuat mereka untuk merespon penumpang dengan memudahkan membuang kotoran hewan peliharaan di tempat yang disediakan.

“Toilet hewan peliharaan menjadi lebih umum di seluruh dunia. Kami ingin berada di garis depan di area ini,” kata Hanna Hämäläinen, direktur layanan perjalanan Finavia.

Menurut Hanna, kehadiran toilet khusus hewan peliharaan ini membuat para pejabat tertarik untuk memastikan bahwa fasilitas hewan peliharaan tetap higienis setiap saat. Dilansir KabarPenumpang.com  dari laman yle.fi (14/1/2020), toilet dilengkapi dengan pegangan bidet sehingga pemilik bisa membasuh urin hewan peliharaan mereka.

Tak hanya itu, wadah terpisah juga disediakan untuk membuang feses. Toilet hewan di Bandara Helsinki salah satunya terletak di area penerbangan yang menuju ke luar wilayah Schengen Eropa di bagian terbaru bandara. Sedangkan toilet lainnya berada di luar area keberangkatan di Terminal 2.

“Kami ingin mengembangkan layanan untuk memastikan bahwa perjalanan berlangsung senyaman mungkin. Ketika hewan peliharaan dapat melakukan hal yang diperlukan, pemiliknya juga akan merasa santai,” jelasnya.

Sebagian besar maskapai menerima hewan peliharaan dan menuntun anjing ke kabin, asalkan pemiliknya membeli tempat duduk untuk mereka. Namun aturan dapat bervariasi antar maskapai. Anjing, kucing, dan musang harus memiliki paspor hewan UE sendiri, yang dapat dibeli dari dokter hewan.

Baca juga: Gara-Gara Ikan, Mahasiswi Ini Dikawal Bak Kriminal Saat Masuk Pesawat

Sementara itu, Hana mengatakan dia tidak bisa berjanji bahwa fasilitas hewan peliharaan tambahan akan dipasang. Dia mengatakan bahwa Finavia menganalisis rute dan kebiasaan penumpang termasuk hewan peliharaan mereka untuk memberikan pengalaman yang bebas gangguan.

Leave a Reply