Bandara Kempegowda Aplikasikan Panel Surya Guna Operasional Harian

Bandara Internasional Kempegowda. Sumber: istimewa

Operator Bandara Internasional Kempegowda di Bengaluru, India telah memutuskan untuk memasang pembangkit listrik tenaga surya pada bagian atap bandara tersebut. Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya berdaya 3,35MW ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan energi bandara yang kian meningkat setiap harinya. Adapun operator bandara bekerja sama dengan Sunshot Technologies dalam urusan instalasi pembangkit listrik ini.

Baca Juga: Etihad ESCO Retrofit Bandara Dubai dengan Energi Tenaga Surya

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (8/2/2019), alat pembangkut listrik tenaga surya ini dipasang di delapan titik atap bandara, termasuk Menzies Bobba, SATS Air India, Coolport dan sejumlah gedung kantor bandara berkode IATA BLR ini. Diperkirakan bahwa pembangkit listrik tenaga surya ini akan menghasilkan sekitar 4,7 juta unit listrik setiap tahunnya.

Selain itu, pembangkit listrik tenaga surya ini juga diharapkan dapat mengurangi kadar emisi CO2 sebanyak 3.800 ton setiap tahunnya. Panel surya yang dipasang di Bandara Internasional Kempegowda ini menggunakan material yang ringan, anti bocor, anti korosi, dan tahan terhadap terpaan angin kencang. Panel surya ini juga dirancang khusus guna menghindari pantulan sinar matahari – dimana ini akan berdampak pada pengoperasian penerbangan sehari-hari di sana.

“Sebagai role model untuk kemajuan yang berkelanjutan, Bandara Internasional Kempegowda berada pada jalur yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut, kami berharap dapat mengaplikasikan bandara dengan energi terbarukan 100 persen pada tahun 2020 mendatang,” ungkap wakil presiden pemeliharaan Bandara Internasional Kempegowda, Lakshminarayanan Sankaran.

“Untuk itu, proyek pengadaan panel surya ini akan membantu Bandara Internasional Kempegowda untuk mengurangi emisi karbon dan mencapat netralitas energi,” tandasnya.

Proyek instalasi pembangkit listrik tenaga surya di Bandara Internasional Kempegowda Bengaluru ini rencananya akan dilaksanakan dalam dua tahap. Selama fasepertama yang dimulai pada tahun 2017 kemarin, pihak bandara telah menyelesaikan pemasangan panel surya dengan kapasitas 503kW, panel surya berkapasitas 2,5MW yang dipasang di tanah, dan 425kW sisanya di parkiran mobil.

Baca Juga: Bandara Pakyong di Timur Laut India, Tawarkan Eksotisme Himalaya

Selain itu, Bandara Internasional Kempegowda juga rencananya akan membeli 20MU melalui akses terbuka dari pabrik Bosch, dan 20 MU lagi dari Cleanmax selama tahap instalasi kedua.

Pada bulan Januari 2019 kemarin, Bandara Internasional Kempegowda mengajukan rencana untuk melakukan program ekspansi besar-besaran senilai Rs130bn (US$1,8 miliar) yang mencakup pembangunan terminal baru, landasan pacu kedua, jalan akses, dan infrastruktur jalan internal.