Bandara Kertajati Buka Lima Rute Penerbangan Mudik dan Lima Kloter Haji 2018

Bandara Kertajati mulai beropersi 24 Mei 2018

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang dikenal dengan Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan mulai beroperasi pada 24 Mei 2018 ini. Mulai pengoperasiannya ini sendiri dengan penerbangan perdana dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Batik Air yang melakukan inagural fligt.

Baca juga: Layani Rute Surabaya, 8 Juni 2018 Citilink Terbang Perdana dari Bandara Kertajati

Bandara yang memiliki luas 1800 hektar tersebut akan mulai melayani lima rute mudik pertamanya di 5 Juni 2018 mendatang. Lima daerah yang dilayani adalah Medan, Surabaya, Bali, Makassar dan Balikpapan.

“Mudik mulai 5 Juni, Derektorat Angkutan Udara sedang memproses rute dari Kertajati ke Medan, Balikpapan, Surabaya, Bali dan Makassar. Untuk tiketnya diharapkan penjualannya sebelum 5 Juni,” ujar Direktur Utama PT BIJB Dimas Ekaputra.

KabarPenumpang.com merangkum dari berbabgai laman sumber, meski mulai beroperasi pada 24 Mei 2018, slot jadwal penerbangan bandara Kertajati masih kosong. Sehingga dapat diisi jadwal mana pun dan maskapai kini tinggal menetapkan rute penerbangan.

Tak hanya rute untuk mudik, rencanya bandara Kertajati ini akan melayani lima kloter pada musim Haji 2018 mendatang.

“Soal penerbangan regulernya apa aja itu tanya ke Kemenhub. Penerbangan reguler itu maskapai minta izinnya ke Kemenhub. Jika sudah oke baru diserahkan ke kita,” ujar Manager Humas Airnav Indonesia Yohanes Sirait.

Yohanes menjelaskan untuk pengoperasian bandara Kertajati sendiri dilakukan setelah Aeronautical Information Publication (AIP) yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan kepada seluruh Stakeholder penerbangan di seluruh dunia.

“Jadi 29 Maret lalu Kemenhub melakukan AIP. Itu publikasi kepada stakeholder penerbangan di seluruh dunia terkait kesiapan operasional penerbangan. Jadi bukan komersil ya. Jadi misalnya bahwa ada bandara baru posisinya di sini, lokasi koordinatnya, rutenya. Nah 2×28 hari sejak peristiwa itu maka publikasi itu efektif. Itu lah tanggal 24 Mei. Artinya kita sudah bisa melayani penerbangan di tanggal itu,” kata Yohanes.

Baca juga: Jelang Launching, Bandara Kertajati dan Madinah Kerja Sama Layani Haji dan Umrah 2018

Saat ini diketahui, sejumlah maskapai penerbangan sudah mengajukan izin rute penerbangan dari dan ke bandara Kertajati kepada Direktorat Angkutan Udara. Sebelumnya Direktorat Angkutan Udara juga sudah mengirimkan surat penawaran kepada 63 maskapai penerbangan dalam dan luar negeri untuk membuat jadwal penerbangan dari dan ke bandara Kertajati.

Adapun PT BIJB sendiri memastikan tahun ini 50 persen tenat atau gerai komersial di bandara Kertajati dapat terisi dan jumlah keseluruhan terdapat 240 tenant.