Unik! Hampir Semua Petugas di Jalur Kereta ini Diisi Oleh Anak-Anak

Sumber: cnn.com

Jika selama ini anak-anak di Indonesia hanya dapat duduk manis di kereta hingga si ular besi sampai di tujuan, maka hal tersebut berbanding terbalik dengan yang ada di Budapest, Hungaria. Di sini, Anda dapat menemukan satu keunikan yang mungkin tidak akan Anda temui di tempat lainnya, yaitu Gyermekvasút. Dalam Bahasa Hungaria, Gyermekvasút berarti Kereta Anak-Anak. Tapi, ini tidaklah seperti yang Anda bayangkan karena di sini, hampir keseluruhan jaringan kereta dioperasikan oleh anak-anak! Kok bisa?

Baca Juga: Landas Pacu di Bandara ini ‘Dipotong’ oleh Jalur Kereta!

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, jaringan kereta api ini memang dijaga oleh anak-anak dengan rentang usia 10 hingga 14 tahun. Mulai dari penjual tiket, pemeriksa tiket, pengatur persinyalan, memberikan informasi kepada para penumpang semuanya dilakukan oleh anak-anak, kecuali masinsis lho! Tentu saja, semua petugas cilik ini berada di bawah pengawasan orang dewasa.

Sumber: cnn.com

Lucunya lagi, para petugas cilik ini pun sama-sama mengenakan seragam layaknya petugas kereta api versi dewasa. Semua anak-anak yang bekerja di Gyermekvasút menjalani pelatihan terlebih dahulu selama empat bulan dan ujian di semua bidang manajemen kereta api selama kurang lebih satu tahun. Setelah lulus keduanya, barulah mereka semua mendapat lisensi untuk berkerja di sini.

Menyoal jam kerjanya, anak-anak ini harus menyeimbangkan antara kerja dan sekolah. Biasanya mereka kerja seminggu satu hingga dua kali. Dengan menerapkan pola memutar tugas, anak-anak ini bisa menyeimbangkan antara pendidikan dan dunia kerjanya. Bahkan, pihak sekolah tidak melarang anak didiknya tidak mengikuti pelajaran dengan alasan bekerja di Gyermekvasút.

Sumber: cnn.com

Jalur ini sendiri memiliki panjang 11,2 km yang menghubungkan Széchényi-hegy dan Hűvösvölgya, dimana di dalamnya terdapat tujuh stasiun yang disinyalir merupakan tempat-tempat rekreasi populer, seperti János-hegy dan Normafa.

Baca Juga: Unik Tapi Berbahaya, Pemuda Ini Gunakan Rel Aktif Untuk Isi Ulang Baterai Ponsel

Adapun hadirnya jalur ini diinisiai oleh sang operator Hungarian State Railways yang pada tahun 1947 menginginkan sebuah jalur kereta api yang dioperasikan oleh anak-anak. Akhirnya setelah memasak ide ini matang-matang, maka pada 11 April 1948 jalur kereta ini secara resmi dibangun. Walaupun sempat ditutup sementara pada tahun 1956 karena meletusnya Revolusi Hungaria, jalur ini tetap aman dan dibuka kembali untuk umum pada 3 Februari 1957.