Bandara Minneapolis Hadirkan “Gita,” Robot Pengantar Makanan ke Pelancong

0
Robot rolling droid Gita di Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul (passengerterminaltoday.com)

Teknologi di masa kini tak bisa lepas dari kehidupan manusia, pasalnya hal ini membantu dalam berbagai macam pekerjaan. Salah satunya teknologi robot yang membantu dalam berbagai hal yakni digunakan di banyak bandara dunia.

Baca juga: Bandara Seattle-Tacoma Kerahkan Robot Pembersih Lantai dan Teknologi Canggih Lawan Corona

Seperti di Bandara Internasional Minneapolis-Saint Paul yang meluncurkan robot baru. Di mana robot tersebut akan mengirimkan makanan kepada para pelancong di Terminal 1 sebagai bagian dari program percontohan yang bertujuan untuk mendorong pemesanan tanpa kontak selama pandemi Covid-19.

Dilansir KabarPenumpang.com dari passengerterminaltoday.com (12/4/2021), robot ini kehadirannya atas kerja sama dengan platform makanan bandara AtYourGate dan Grab. Nyatanya, robot diluncurkan di Bandara MSP pada tahun 2019, portal pengiriman makanan bandara MSP ASAP sekarang menawarkan pengiriman makanan tanpa kontak melalui rolling droid, bernama Gita (diucapkan jee-tah).

“Ada kenyamanan dan keamanan bagi pelanggan untuk dapat memesan makanan dari ponsel atau laptop mereka, dan dalam waktu 15 hingga 30 menit, Gita menggulung dan membuka pintu kargonya agar pelanggan dapat mengambil pesanan mereka. Memang menyenangkan dan aneh, tetapi ada juga tujuan di balik teknologi ini agar pelanggan merasa lebih percaya diri dalam menghindari antrean antrean dan pesanan mereka terkirim,” kata Eric Johnson, direktur manajemen komersial dan urusan penerbangan untuk Metropolitan Airports Commission, yang mengoperasikan Bandara MSP.

Menggunakan teknologi penginderaan visual, Gita mengikuti anggota staf pengiriman AtYourGate untuk menjangkau pelanggan. Droid dapat membawa pesanan hingga 18 kg, memungkinkan pengiriman ke lebih dari satu pelanggan pada satu waktu. Permintaan pesanan dan faktor lokasi menjadi kapan dan di mana Gita dikirim. Saat ini menawarkan pengiriman dari 17 restoran dan penjual makanan.

Baca juga: Cara Jitu Cegah Bird Strike di Sekitar Bandara, Kerahkan Robot Pemotong Rumput 

“Kami melihat Gita sebagai langkah pertama untuk memperkenalkan robotika sebagai pilihan baru yang inovatif dan aman bagi penumpang yang berbelanja dan makan saat berada di MSP. Selain itu, momen kejutan dan kegembiraan yang tercipta saat para tamu bertemu Gita untuk pertama kalinya memberikan kesempatan luar biasa bagi tim AtYourGate untuk mempromosikan pengalaman MSP ASAP,” kata salah satu pendiri AtYourGate, Chris Hartman.

Leave a Reply