Bandara Seattle-Tacoma Kerahkan Robot Pembersih Lantai dan Teknologi Canggih Lawan Corona

0
Robot pembersih lantai otonom di Bandara Internasional Seattle-Tacoma, Washington, Amerika Serikat (AS). Foto: Sea-Tac

Bandara Internasional Seattle-Tacoma, Washington, Amerika Serikat (AS) terus berbenah dalam mencegah penyebaran virus corona di bandara. Terbaru, bandara yang melayani 51,8 juta penumpang di tahun 2019 ini mengerahkan enam robot pembersih lantai berteknologi artificial intelligence (AI).

Baca juga: Bandara Internasional Gerald R. Ford Kerahkan Robot Berteknologi UV Guna Singkirkan Corona

Dalam prosesnya, robot-robot pembersih lantai berteknologi AI di Bandara Seattle-Tacoma ini dibekali dengan peta digital dan juga kamera. Tak hanya itu, sistem kemudian akan mengatur robot agar membersihkan lantai bandara dengan lebih efisien dan efektif dibanding manusia tanpa mengganggu pelanggan.

Selain robot pembersih berteknologi AI, sebagai bagian dari program FlyHealthy@SEA untuk memastikan kesehatan penumpang, bandara tersebut juga mengerahkan berbagai peralatan berteknologi canggih lainnya, seperti restroom stall lights (sejenis lampu di bagian atas masing-masing toilet untuk menandakan apakah siap digunakan atau tidak), penyemprot disinfektan elektrostatis, sistem pembersihan handrail eskalator, hingga robot otonom berteknologi ultraviolet germicidal irradiation (UVC).

“Fasilitas kebersihan diperlukan untuk menjamin kesehatan. Pembersihan yang ditingkatkan berarti kami melipatgandakan kenyamanan penumpang, membawa disinfektan kelas medis dan berinvestasi dalam teknologi pembersihan baru,” kata Managing Director Bandara Seattle-Tacoma, Tac Lance Lyttle, seperti dikutip dari geekwire.com.

Program FlyHealthy di Bandara Internasional Seattle-Tacoma itu juga mencakup prosedur ketat protokol kesehatan sejak pertama kali masuk ke area bandara, termasuk di pos pemeriksaan keamanan, serta mendisfeksi berbagai tempat yang berpotensi menjadi sumber penularan virus corona, tempat sampah, mangkuk, konveyor, pagar, bangku, meja, dan permukaan lainnya yang kerap disentuh banyak orang.

Bandara yang terletak di antara kota Seattle dan Tacoma ini juga telah menyediakan sekitar 2.343 instalasi pencucian tangan, 1.444 kontainer tisu anti bakteri, dan 270 paper towel dispensers tanpa sentuh di toilet bandara.

Baca juga: Bantu Petugas dan Penumpang, Bandara Changi Operasikan 47 Unit Robot

Meskipun terlihat sudah sempurna dalam menjamin kesehatan penumpang dari ancaman virus corona, bandara yang dikelola oleh Port of Seattle itu masih belum puas. Dalam waktu dekat, bandara akan mengujicoba sistem baru berteknologi tinggi yang mampu membunuh patogen berukuran kecil, termasuk Covid-19, di udara. Sistem yang disebut HVAC ini diklaim mampu menghilangkan hingga 90 persen patogen berukuran kecil.

Cara kerjanya cukup mudah dan ada kemiripan dengan cara kerja filter HEPA. Mula-mula, patogen dihisap dan disaring oleh sebuah perangkat penyaringan dari perusahaan bio teknologi CASPR. Patogen-patogen tersebut kemudian dibenturkan dengan ion positif dalam jumlah banyak dan otomatis akan membunuh patogen berbahaya dalam beberapa saat.

Leave a Reply