Bandara Schiphol Sandang Predikat WeChat Pay Smart Airport

Sumber: dfnionline.com

Bandara Schiphol yang berada di Amsterdam, Belanda dikabarkkan telah menjadi bandara pertama di Eropa yang menyandang status sebagai WeChat Pay Smart Airport. Ya, sebagaimana yang kita ketahui bersama, WeChat merupakan salah satu platform media sosial asal Negeri Tirai Bambu yang tengah naik naik daun. Dengan menyandang status tersebut, kelak penumpang akan merasakan dua fitur anyar, WeChat Mini Program dan WeChat Pay di bandara yang terletak 9 km sebelah barat daya dari Amsterdam ini.

Baca Juga: Cina Adaptasi Sistem Pembayaran Tiket Kereta Bawah Via Smartphone Android

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman dfnionline.com (23/4/2019), pengenalan WeChat Mini Program ini akan memberikan pengguna aplikasi tersebut akses informasi terkait bandara secara praktis, mencakup layanan belanja berbagai macam produk, mulai dari kecantikan, mode, jam tangan, perhiasan, hingga buah tangan khas Negeri Kincir Angin. Tidak berhenti sampai di situ saja, para pengguna juga bisa memesannya terlebih dahulu hingga melakukan pembayaran dimuka dengan menggunakan fitur WeChat Pay.

Zona pengalaman yang coba ditargetkan WeChat ternyata tidak hanya sebatas berada di dalam bandara saja, melainkan di luar bandara, aplikasi yang dikembangkan oleh Tencent ini juga memungkinkan para pelancong dan pedagang yang berdomisili di Tiongkok untuk siap menerima pembayaran via WeChat Pay.

Di tahun 2018, Bandara Schiphol Amsterdam mencatat ada sekitar 500.000 penumpang yang berdomisili di Cina dan angka tersebut bisa dibilang cukup tinggi. Menanggapi hal ini, Direktur Produk & Layanan Konsumen Tanja Dik mengatakan, “untuk memenuhi kebutuhan penumpang kami, kami berinvestasi dalam pengembangan dan implementasi konsep-konsep baru dengan fokus pada kenyamanan dan pengalaman pelanggan,”

Tanja Dik juga tidak menampik bahwa kemitraan yang terjalin di antara dua perusahaan beda benua ini patut untuk dibanggakan – terlebih predikat baru yang disandang oleh Bandara Internasional Schiphol.

Baca Juga: Di Bandara Schiphol, Calon Penumpang Bisa Pesan Makanan Online Yang Diantar via Kurir

“Sebagai hasil dari kemitraan ini, kami memberi penumpang yang berdomisili di Cina layanan perjalanan yang mulus dan pengalaman berbelanja yang disesuaikan melalui Program Mininya, seolah-olah mereka berada di Tiongkok,” terangnya.

Di lain pihak, Direktur Senior WeChatPay, Dave Fan meyebutkan bahwa pihaknya akan memperdalam smart solution yang coba dikemas di dalam WeChat Pay.

“Kami akan membawa inovasi Cina ke seluruh dunia, dan ini memungkinkan wisatawan Tiongkok untuk bepergian ke luar negeri dan menikmati gaya hidup cerdas,” ujar Dave.