“Bangkit dari Kubur”, Singapore Airlines Aktifkan Airbus A380 yang Disimpan di Gurun

0
Airbus 380 Singapore Airlines saat disimpan di Alice Springs (ASP), sebuah Gurun Pasir, di antara Darwin dan Adelaide, Australia. Foto: Getty Images via Simple Flying

Setelah tahun lalu mengirimkan belasan unit pesawat ke Alice Springs (ASP), sebuah Gurun Pasir, di antara Darwin dan Adelaide, Australia. Kini ada kabar terbaru, bahwa Singapore Airlines (SIA) justru akan membangkitkan pesawat dari kuburan sementaranya itu. Hal tersebut merupakan berita baik, pasalnya SIA melihat adanya tanda-tanda peningkatan permintaan di rute-rute penerbangan tertentu.

Baca juga: Singapore Airlines Kirim Lagi A380 Ke ‘Kuburan’ Pesawat di Gurun Australia

Dikutip dari aviacionline.com (1/8/2021), pesawat yang kembali dibangkitkan dari kuburnya adalah Airbus A380-800. Pesawat dengan registrasi 9V-SKW lepas landas dari ASP menuju Sydney pada Rabu, 28 Juli, kemudian pesawat penumpang terbesar itu menjalani intervensi perawatan di Australia sebelum nantinya diterbangkan ke Bandara Changi.

Itu merupakan A-380 kedua yang ‘diselamatkan’ Singapore Airlines dari area penyimpanan Alice Springs, yang pertama telah dipindahkan pada bulan Februari dan belum ditugaskan, sehingga 9V-SKW harus masuk ke daftar tunggu untuk mulai beroperasi. Maskapai kedua terbesar di dunia ini berencana untuk secara bertahap menarik armada Airbus A380 yang disimpan di padang pasir Australia dan membuatnya siap untuk perawatan sesegera mungkin.

Sampai Juli 2020, SIA telah mengirimkan enam unit A380 ke Alice Springs. Bila dihitung secara kolektif, SIA Group total sudah mengirim 11 pesawat, dimana lima lainnya terdiri dari tiga Boeing 777-200ER milik Singapore Airlines serta dua Airbus A320 milik Scoot. Tahun lalu, maskapai SIA Group lainnya, SilkAir, juga pernah menitipkan enam unit pesawat Boeing 737 Max 8 di sana selama kurang lebih enam bulan. Jadi, ASP memang sudah menjadi rumah kedua SIA Group sebagai fasilitas penyimpanan jangka pendek atau menengah.

Baca juga: Grounded Besar-Besaran Bikin Bandara Penuh, Haruskah Pesawat Parkir di Gurun?

Singapore Airlines kini masih menyisakan 13 unit A380 dibarisan armada mereka, utamanya pesawat ini melayani rute-rute besar seperti ke Sydney, Tokyo, Seoul, Shanghai, Hong Kong, London, Amsterdan, Barcelona, dan Los Angeles.