Baru 2 Minggu Tutup, Garuda Indonesia Buka Kembali Rute Jakarta – Silangit

0
Bandara Silangit di Tapanuli Utara

Garuda Indonesia, sebagai maskapai plat merah yang menerbangkan pesawatnya ke Silangit dari Jakarta kini kembali membuka penerbangannya ke rute tersebut. Padahal sebelumnya ada penutupan rute Jakarta – Silangit yang dimulai pada 13 Januari 2019 kemarin.

Baca juga: AirAsia Malaysia Terbang Perdana ke Silangit dari Kuala Lumpur Disambut Hujan

Namun entah kenapa juga kembali dibuka pada 27 Januari 2019 mendatang. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mengatakan, pihaknya telah bertemu Garuda Indonesia dan dikatakan Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah bahwa ada rencana pengoperasian kembali di rute Jakarta – Silangit.

“Pengoperasian kembali rute Jakarta – Silangit direncanakan menggunakan pesawat jenis Boeing 738. Ini jenis berbeda dengan pesawat yang sebelumnya melayani rute dimaksud yakni CRJ1000 NextGen,” ujar Nikson yang dikutip dari antaranews.com (21/1/2019).

Nikson menambahkan, pihaknya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk maskapai Garuda Indonesia karena akan kembali melayani rute Silangit untuk pengembangan destinasi Danau Toba. Sebelumnya diketahui, penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Silangit diberhentikan mulai Minggu (13/1/2019) kemarin dengan alasan ada hitungan bisnis di kawasan Danau toba.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan mengatakan, pihaknya tetap membuka rute tersebut tetapi tidak Garuda secara langsung melainkan grup perusahaannya.

“Citilink dan Sriwijaya tetap melayani penerbangan ke sana. Kita mainnya di Garuda Grup,” jelas Ikhsan.

Untuk penerbangan ke Silangit, Garuda memiliki hitungan bisnis tersendiri. Ikhsan menjelaskan, pihaknya sudah mempetakan permintaan, sehingga Garuda tidak lagi perlu kesana karena sudah ada Citilink dan Sriwijaya. Untuk diketahui, Garuda Indonesia beroperasi dan melayani penerbangan dari Silangit ke Jakarta sejak 2016 silam.

Sebelumnya diberitakan, kabar soal penutupan rute Jakarta – Silangit juga dibenarkan oleh otoritas Angkasa Pura II. Mereka juga membantah jika penutupan karena ada penurunan jumlah penumpang. Dalam catatan Bandara Silangit sendiri, ada peningkatan jumlah penumpang yang keluar masuk dari Bandara Silangit.

Baca juga: Citilink Indonesia Buka Rute Bandara Halim Perdanakusuma – Silangit

Angkanya juga cukup signifikan, mencapai 50 persen dari 2017 lalu. Hingga saat ini, ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan domestik yakni Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air dan Wings. Sedangkan untuk penerbangan internasional hanya dilayani AirAsia.

Leave a Reply